Metro Kendari

637.262 Anak di Sultra Belum Miliki KIA

KENDARINEWS.COM — Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Sultra masih menjadi “PR”. Hingga kini, anak yang memiliki kartu identitas baru sekitar 17,52 persen atau 120.017 anak. Di Sultra, anak yang wajib KIA sebanyak 757.179 orang. Untuk meningkatkan presentase kepemilihan KIA, Pemprov Sultra gencar melakukan sosialisasi. “Jadi memang masih ada sekitar 637.162 orang anak yang belum memiliki KIA. Padahal, wajib KIA itu sekitar 757.179 orang anak, tetapi baru sekitar 120.017 yang sudah cetak KIA,” beber Ismail Lawasa, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sultra, Kamis (3/12).

Dari 17 daerah, presentase KIA tertinggi Konawe Utara (Konut). Presentasenya 39,99 persen disusul Buton 30,57 persen. Sementara terendah Buton Utara (Butur) baru sekitar 0,90 persen (lengkapnya lihat grafis). “Sebelum Disdukcapil aktif turun melakukan jemput bola. Namun setelah pandemi, kegiatannya dikurangi. Namun Capil tetap melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kepemilikan KIA,” ujarnya.

KIA sambungnya, sangat bermanfaat seperti halnya KTP. Bukan hanya untuk masuk sekolah, namun untuk kepengurusan data kependudukan dan dokumen lainnya. Contoh, misalnya anak kehilangan orang tua saat bermain. Dengan kartu tersebut, maka identitas anak akan dengan mudah teridentifikasi. “Saya kira ini manfaatnya sangat baik untuk anak-anak,” ucapnya.

Orang tua yang ingin membuat KIA, caranya cukup mudah. Bagi anak berusia 0-5 tahun, orang tua hanya cukup menyertakan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kedua orang tua. Sementara untuk anak berusia 5-17 tahun harus menyertakan akta kelahiran, KK dan KTP orang tua serta dua lembar pas foto warna berukuran 2×3. “Kalau untuk anak 0-5 tahun itu tanpa foto, nanti kalau sudah lewat usia itu dicetak lagi pakai foto. Bahkan pelayanannya pun sat ini sudah terintegrasi saat akan dibuatkan akta kelahiran dan kartu keluarga. Pengurusanya pun bisa dengan cepat sebab untuk KIA dapat dilakukan via online,” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top