Politik

622.146 DPS di Tujuh Kabupaten

KENDARINEWS.COM — Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tujuh kabupaten yang gelar Pilkada telah ditetapkan. Jumlahnya mencapai 622.146 (lihat grafis). Angka ini masih bisa mengalami perubahan, daftar pemilih tetap (DPT) baru akan ditetapkan oleh KPU kabupaten pada 9 Oktober hingga 16 Oktober 2020, sesuai PKPU No 5 tahun 2020.

Anggota KPU Sultra Muh. Nato Al Haq mengatakan DPS yang telah ditetapkan di tujuh kabupaten itu tersebar di 93 kecamatan, 1.090 desa/kelurahan berdasarkan pencocokan dan penelitian (Coklit) pada daftar pemilih A.KWK sebanyak 656. 976. Artinya ada pengurangan data pemilih sebanyak 34.830 setelah dilakukan Coklit secara door to door oleh petugas pemutakhiran data pemilih.

Warga yang masuk dalam DPS akan menyalurkan hak suaranya di 2.087 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari jumlah DPS itu, kata dia, 311.279 perempuan dan laki-laki berjumlah 310.867 jiwa. Saat ini sedang dilakukan uji publik atas hasil penetapan DPS.

Ia berharap bila masarakat mengetahui salah seorang anggota keluarga, sahabat, teman atau tetangga belum terdaftar dalam DPS, maka segera melapor ke kantor desa atau kelurahan masing-masing domisili. Selain itu, bisa juga datang langsung ke KPU daerah setempat

“Uji publik ini bertujuan agar mengetahui atau mengindentifikasi lebih mendalam para pemilih yang memiliki hak secara konstitusional namun belum terdaftar secara sah sebaga pemilih. Untuk mengoptimalkan peran masyarakat pada Pilkada,” ungkapnya, kemarin (22/9).

Ia mengungkapkan Oktober mendatang akan dilakukan penetapan DPT. Ketika sudah ada putusan DPT, maka tidak ada lagi perbaikan atau peluang bagi masyarakat yang belum terdaftar. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top