54 Persen Jalan di Kabupaten Wakatobi Kondisi Rusak

Wakatobi
Spread the love

KENDARINEWS.COM — Tercatat, 46 persen jalan kabupaten di Wakatobi berada dalam kondisi baik. Sementara 54 persen lainnya dikategorikan rusak hingga rusak berat. Hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk dibenahi secara bertahap. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Wakatobi, Kamarudin, menyebut, untuk panjang jalan kabupaten telah mencapai kurang lebih 596,670 kilometer. Dari panjang ini, kondisi mantap belum mencapai 50 persen atau setengahnya.

“Jalan kabupaten kita ini kondisi mantap baru 46 persen. Berarti kondisi rusak hingga rusak berat masih di atas 50 persen atau sekitar 54 persen,” akunya, akhir pekan lalu. Kamaruddin mengaku, Pemkab telah mengupayakan pembenahan jalan. Sayang, karena keterbatasan anggaran sehingga harus dilakukan secara bertahap. Apalagi untuk proyek pembanguan jalan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Kalau kita mau tangani, hitung saja. Untuk satu kilometer dengan enam meter lebar dan bahu satu meter yang dilengkapi marka serta bahu beton, maka anggaran yang dihabiskan mencapai Rp 3 miliar lebih. Itu baru sekilo. Nanti dihitung-hitung saja berapa puluh triliun kalau untuk anggaran yang masih ratusan kilo lainnya,” argumennya.

Kendati demikian, ia menyebut setiap lima tahun pihaknya ditarget untuk kondisi mantap harus mencapai 65 persen dari totol panjang jalan yang ada. Namun, pihaknya belum bisa menjangkau hal itu. “Karena ada pembukaan jalan baru yang bisa menurunkan presentase kondisi jalan baik maupun rusak. Tapi sebenarnya targetnya kita sudah lebih, karena setiap tahun kecuali 2020 ini ada pembukaan jalan. Sehingga hal ini mempengaruhi persentase kondisi jalan mantap,” pungkasnya. (c/thy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *