Konawe Utara

5.000 Pelaku Usaha di Konut Daftar BPUM

KENDARINEWS.COM — Pelaku berbagai jenis usaha yang terdampak Covid-19 di Konawe Utara (Konut) cukup banyak. Itu terlihat dengan jumlah usulan calon penerima melalui program bantuan presiden (Banpres) produktif untuk usaha mikro (BPUM) yang diajukan pihak Dinas Koperasi dan UMKM Konut. “Usulan yang masuk sudah mencapai 5.000 orang pelaku usaha. Saat ini kami sementara melakukan penginputan untuk diteruskan ke Kementerian Koperasi dan UKM,” ujar Kabid UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Konut, Asrun Sani, Selasa (13/10).

Mantan Kabid Migas tersebut menguraikan, setiap jenis usaha akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta. Makanya, ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi calon penerima program BPUM. Mulai dari fotokopi identitas diri dan keterangan tak pernah mengajukan pinjaman pada Perbankan. Sedangkan syarat dari Dinas Koperasi dan UMKM Konut, harus ada keterangan jenis usaha yang ditandatangani Pemerintah Desa dan Kecamatan.

Termasuk dokumen tempat usaha sebagai administrasi pendukung untuk mendapatkan BPUM. Entah jenis usahanya, jual sayur, kuliner, maupun kegiatan produktif lainnya. “Sudah mencapai 5.000 orang yang masuk berkasnya. Kita closing penginputan sampai Jumat, 16 Oktober nanti,” tandas Asrun Sani. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top