Wakatobi

46 Persen Jalan Ibu Kota di Wakatobi Masih Rusak


KENDARINEWS.COM — Setelah melewati proses panjang, lebih 50 persen kondisi jalan di pulau Wangi-Wangi masuk kategori baik atau mantap. Sayangnya, dari panjang jalan 196 kilometer, 46 persennya masih dalam kondisi rusak bahkan rusak berat. Dari sekian panjang jalan rusak, akses berstatus provinsi dan nasional berkondisi mantap.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Wakatobi, Kamarudin, mengatakan, untuk jalan nasional dan provinsi hampir setiap tahun mendapatkan anggaran untuk perbaikan jalan. Sehingga saat ini kondisi kedua jalan ini sudah baik. Berbeda dengan jalan kabupaten di Pulau Wangi-Wangi yang boleh dikata lebih 40 persen masih rusak.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi (kanan) saat memantau kondisi jalan provinsi di pulau Wangi-Wangi yang masuk kategori mantap

“Jalan di pulau Wangi-Wangi sekitar 196 kilometer. Ini gabungan dari jalan nasional, provinsi dan kabupaten. Kalau jalan nasional dan provinsi sudah kondisi mantap,” ujar Kamarudin. Ia melanjutkan, meski sebagian masih berkondisi rusak bahkan rusak berat, setidaknya sudah 54 persen kondisi jalan di Pulau Wangi-Wangi mengalami perbaikan. Namun bukan berarti jalan rusak tersebut akan dibiarkan begitu saja. Melainkan diupayakan agar bisa dibenahi.

“Nah, untuk tahun 2021 kita fokus di Pulau Tomia, Kaledupa dan Binongko. Kalau Tomia ada program hibah jalan daerah (PHJD). Sementara untuk Kaledupa dan Binongko ada perbaikan jalan melalui dana alokasi khusus (DAK),” tambahnya. Sekadar diketahui, pada tahun 2021 mendatang tidak ada pembukaan jalan baru di Wakatobi. Kegiatan pada tahun depan ini berfokus pada PHJD, perbaikan jalan di Binongko dan Kaledupa serta jalan di pulau Wangi-Wangi. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top