Wakatobi

42 Wilayah di Wakatobi Dipimpin Pelaksana Kades


KENDARINEWS.COM — Sebanyak 45 desa di Kabupaten Wakatobi akan menghelat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada tahun 2021 mendatang. Dari puluhan wilayah tersebut, saat ini sudah ada sebanyak 42 desa yang telah dijabat oleh pelaksana kepala desa (Kades). Sementara dua desa lainnya baru akan menyusul pada bulan Oktober ini. Jika Pilkades serentak dipastikan akan dihelat pada tahun depan, maka Desa Posalu, Wangi-Wangi juga akan menjadi salah satu peserta.

H. La Ode Husnan

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Kabupaten Wakatobi, H. La Ode Husnan, mengatakan sudah ada 42 desa yang telah dijabat pelaksana bahkan telah berbulan-bulan. “Untuk Desa Posalu karena masa jabatan kepala desanya awal tahun 2021 selesai maka baru akan diganti dengan pelaksana setelah itu. Sehingga kalau Pilkades serentak sudah dipastikan tahun depan dihelat, maka Posalu termasuk di dalamnya. Jadi, totalnya sebanyak 45 desa yang ikut Pilkades serentak,” jelasnya, kemarin.

Ia juga berharap agar seluruh Pelaksana Kades yang kini telah menjalankan tugasnya masing-masing selalu mengedepankan netralitas. Apalagi sebelum menghelat Pilkades, Kabupaten Wakatobi juga akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada awal Desember tahun 2020. “Itu sudah pasti. Apalagi kita sebagai ASN, netralitas harus diutamakan. Untuk Pilkades serentak, jadwal pastinya kita juga masih menunggu. Tapi, sudah hampir pasti akan dihelat pada tahun 2021 mendatang,” tambahnya.

Sekadar diketahui, pada Pilkades serentak gelombang pertama dihelat pada tahun 2016 sebanyak 15 desa. Sementara gelombang kedua dilakukan pada tahun 2018 dengan jumlah 15 desa yang menggelar pemilihan. Pada tahun 2021 atau gelombang ketiga ada 45 desa. Total wilayah di Wakatobi berjumlah 75 desa. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top