HEADLINE NEWS

35 Anggota DPRD Kendari Dilantik, Sulkarnain : Mari Bersama Bangun Kendari Sejahtera

Pascapengambilan sumpah, secara otomatis posisi ketua DPRD Kendari yang sebelumnya dijabat politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Samsuddin Rahim beralih kepada Subhan asal PKS sebagai ketua sementara. Subhan didampingi Rusiahwati Abunawas asal partai Golkar sebagai wakil ketua sementara. Nantinya, PKS berhak mengisi posisi Ketua DPRD Kendari setelah sukses meraih kursi terbanyak di Pemilu 2019.

Sekretaris DPRD Kendari Asni Bonea menjelaskan, pleno KPU telah menetapkan PKS sebagai peraih kursi terbanyak di DPRD Kendari dengan jumlah 7 kursi. Disusul, partai Golkar dengan 5 kursi. Pimpinan sementara DPRD Kendari, lanjut Asni Bonea, punya tugas untuk mempersiapkan pelantikan legislator yang baru, memfasilitasi terbentuknya fraksi di dewan, menyusun tata tertib, serta memproses pimpinan definitif.

“Merujuk pada tata tertib DPRD Kendari, parpol peraih suara terbanyak berhak menempati posisi pimpinan legislatif. Namun, saat ini statusnya pimpinan sementara saja. Tak ada batas waktu seseorang itu menjabat pimpinan sementara. Nanti pimpinan definitif akan ditentukan lagi lewat mekanisme paripurna di DPRD Kendari,” ujarnya di kantor DPRD Kendari. (adi)

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top