Metro Kendari

3.628 Pelaku UMKM dan 3.198 Karyawan Dapat BLT dari Pemkot


KENDARINEWS.COM — Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan karyawan terdampak pandemi di Kota Kendari mendapat kado istimewa di perayaan HUT Kemerdekaan RI, Selasa (17/8). Di hari jadi bangsa Indonesia yang ke-76, mereka menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan diserahkan langsung Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir.

Pemberian BLT kata Sulkarnain, tak lain untuk membantu masyarakat yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang kesulitan dalam memenuhi kehidupannya. Para pelaku UMKM yang mengalami kerugian karena kekurangan omset akibat minimnya pembeli atas pembatasan aktifitas masyarakat.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (setelan pakaian putih) menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada salah satu perwakilan pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 di pelataran Rujab kemarin. Bantuan tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain itu, banyak masyarakat atau karyawan yang kehilangan mata pencaharian akibat dirumahkan bahkan ada yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). “Tentu ini jadi tanggung jawab pemerintah. Sehingga beberapa waktu lalu saya berdiskusi dengan teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan diketahui serta disetujui DPRD untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak Covid-19 melalui dana APBD,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Stimulus ini lanjutnya, diberikan kepada 3.628 pelaku UMKM dan 3.198 karyawan terdampak Covid-19. Sebelumnya, pihaknya telah menyalurkan BLT kepada nelayan terdampak yang jumlahnya mencapai 1.178 orang. Secara keseluruhan, penerima BLT di Kota Kendari sebanyak 8.004 orang.

“Kami akan terus upayakan yang terbaik agar masyarakat bisa terpenuhi kebutuhannya. Termasuk mengupayakan masyarakat mendapatkan bantuan dari program pemerintah pusat seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BSP (Bantuan Sosial Pangan), BST (Bantuan Sosial Tunai), Bantuan Sembako dan bantuan lainnya,” kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kendari Subhan mengapresiasi pemberian stimulus kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, kebijakan itu sangat pro rakyat ditengah situasi sulit saat ini. Pihaknya pun berkomitmen akan mendukung penuh seluruh usulan pemkot yang muaranya pada percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah.

“Meski jumlahnya sekitar Rp 300 ribu, tapi itu sangat bernilai dan berarti masyarakat. Kami akan dukung penuh seluruh usulan dan regulasi percepatan pemulihan ekonomi daerah yang diusulkan pemerintah. Ini demi kesejahteraan masyarakat,” kata Subhan. (ags)

Penyaluran BLT
-Nelayan 1.178 KPM
-Pelaku UMKM 3.628 KPM
-Karyawan Dirumahkan/PHK 3.198 KPM
Total 8.004 KPM

Besaran Rp 300 Ribu PerKPM
Bantuan Lainnya, PKH, BSP, BST dan Bantuan Sembako

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top