Metro Kendari

3.189 Karyawan Terdampak Covid di Kendari Terima BLT

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Sasarannya yakni para karyawan yang dirumahkan atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. Di Kendari, jumlah karyawan yang terdampak tercatat sekira 3.189 orang.Menurut Sulkarnain, pemberian stimulus bantuan penting dilakukan agar masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa pandemi saat ini. Ia tak menampik, terjangan Covid-19 menyebabkan karyawan harus dirumahkan bahkan ada yang mengalami PHK.”Nah, sebagai bentuk kepedulaian pemerintah, tentu kita bantu. Karena selain sudah menjadi tanggung jawab pemerintah yang harus selalu hadir ditengah masyarakat, juga karena sisi kemanusia,” kata Sulkarnain Kadir, usai menyerahkan BLT di Kantor Camat Kadia, kemarin.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyerahkan BLT kepada perwakilan karyawan yang terdampak Covid-19 di Kantor Camat Kadia, kemarin. Pemberian bantuan diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mereka dimasa pandemi saat ini.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra ini sadar betul jika nominal bantuan yang diberikan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan masyarakat terdampak. Akan tetapi, ia tetap mengupayakan masyarakat bisa kembali mendapatkan pekerjaan dimasa pandemi ini.”Setiap karyawan yang terdampak mendapatkan bantuan sebesar Rp 300 ribu yang langsung ditransfer ke rekening penerima. Melalui rekening Bank Sultra tanpa potongan apapun, ” kata Sulkarnain Kadir.

“Saya juga pastikan para karyawan yang dirumhkan dan di PHK bisa mendapatkan pekerjaan kembali. Bulan Oktober ini, Kendari Park bakal merekrut karyawan. Jumlahnya cukup banyak sekira 2.000 karyawan. Dan saya sudah syaratkan mereka sebelum invenstasi bahwa 70 persen karyawan yang direkrut harus warga Kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kendari, Agus Salim mengatakan penerima BLT kali ini merupakan karyawan yang terdampak dan sudah melalui reviu dari Inspektorat. Adapun kriterianya yakni mereka yang dirumahkan, mengalami PHK, karyawan yang menurun pendapatannya, dan bukan berstatus sebagai ASN maupun honorer.”Total bantuannya sekira Rp957 juta yang bersumber dari APBD Kota Kendari. Penyalurannya dua tahap. Tahap pertama pada 14 Seprember lalu kepada 1.594 orang, dan tahap dua mulai hari ini (kemarin) juga diberikan kepada 1.595 orang,” ungkapnya.

Sekedar informasi, selain menyalurkan BLT, Wali Kota Sulkarnain juga menyalurkan bantuan kepada warga korban terdampak puting beliung di Kelurahan Kadia. Jumlah penerima sebanyak 6 orang besaran bervariasi mulai Rp 2 juta – Rp 19 juta atau sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang dialami warga. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top