HEADLINE NEWS

29 Legislator Kolaka Sepakat “Gulingkan” Ketua DPRD

KENDARINEWS.COM — Takhta Sainal Amrin di DPRD Kolaka runtuh. Sebanyak 29 legislator Kolaka bersekutu menggulingkan singgasana Sainul Amrin sebagai Ketua DPRD melalui rapat paripurna, Senin (28/9). Kursi Ketua DPRD Kolaka kini diemban oleh Syaifullah Halik, sebelumnya Ketua Fraksi Gerindra di DPRD Kolaka. Saat rapat itu, hanya Sainul Amrin tak hadir.

Suasana rapat paripurna pemberhentian ketua DPRD Kolaka, Sainul Amrin, kemarin (28/9). 29 anggota DPRD Kolaka sepakat menggulingkan Sainul.

Wakil Ketua I DPRD Kolaka dari PAN, Husmaluddin menegaskan, berdasarkan hasil rapat paripurna, maka secara otomatis, untuk sementara tugas ketua DPRD diambil-alih oleh wakil ketua. Sebab, Sainul telah diberhentikan dari ketua DPRD.

“Kesimpulan dari paripurna ini adalah pemberhentian Ketua DPRD. Setelah rapat ini kami akan menyurat ke bupati dan bupati menyurat ke gubernur tentang SK definitif Ketua DPRD. Nanti setelah ada SK definitif itu, baru kami paripurnakan untuk pimpinan definitif. Rentan waktunya 14 hari,” tukas pimpinan rapat paripurna pemberhentian ketua DPRD Kolaka periode 2019-2024 dan penetapan calon ketua DPRD Kolaka periode 2020-2024.

Dalam rapat itu, Sekretaris DPRD Kolaka, Muhardin Tasruddin membacakan SK DPP, DPD dan DPC Gerindra tentang pergantian ketua DPRD dan ketua fraksi Gerindra DPRD Kolaka. Muhardin mengatakan, hasil rapat akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme.

“Kami sudah laksanakan sesuai mekanisme yang ada. Jadi DPRD sudah selesai. Setelah ini akan ada proses melalui bupati ke gubernur. Kalau sudah ada SK dari gubernur maka akan dilakukan paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah,” ungkap Muhardin saat ditemui usai rapat.

Untuk diketahui, DPP Gerindra telah mengeluarkan SK bernomor 002-0005/Kpts/DPP-GERINDRA/2020. Isi SK tersebut mengganti jabatan Sainal Amrin dari ketua DPRD Kolaka menjadi ketua Fraksi Gerindra DPRD Kolaka. Selain mengganti Sainal Amrin, SK yang diteken Ketua DPP Gerindra Prabowo dan Sekjen DPP Gerindra 8 Februari itu menunjuk Syaifullah Halik menggantikan posisi Sainal Amrin. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top