oleh

Calon-Calon Kuat Kepala Daerah di Sulawesi Tenggara

Siapa saja yang akan tampil di perhelatan kursi kepala daerah 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara?. Banyak. Tapi, yang kuat sedikit. Dan, yang akan terpilih satu. Siapa mereka? Kita mulai awali di :

Muna

KENDARINEWS.COM — Pilkada Muna pada 2024 nanti sepertinya sudah fokus pada LM Rajiun Tumada dan Wa Ode Rabia Al Adawia. Detail kekuatan masing-masing susah ditebak. Yang jelas: kuat. Rajiun kuat, Rabia kuat. Hanya, kekuatan Rajiun tak mungkin turun, tinggal naiknya. Sementara, kekuatan Wa Ode Rabia berpotensi dikoyak dengan propaganda atas keinginan saudaranya LM Ihsan Taufik Ridwan mencalonkan diri sebagai Calon Bupati Muna Barat. Artinya, Rabia dan Ihsan bersaudara dan ingin mencalonkan diri sebagai Bupati di daerah berbeda, tentu ini bisa positif dan bisa pula negatif propagandanya.

Itu kalau berjalan normal. Itu kalau berjalan sesuai skenario yang ada di benak publik Muna saat ini. Tapi, bilamana terdapat skenario lain dan mengejutkan, tak menutup kemungkinan kekuatan yang fokus tersebut menjadi berantakan. Miisalnya, Rajiun salah kemas dan Rabia juga salah kemas. Misalnya lagi, Bupati Muna saat ini, LM Rusman Emba yang ternyata masih menaruh perhatian besar tentang siapa pelanjutnya, dan pelanjut yang dia inginkan ternyata tidak berada di klik Rajiun maupun Klik Rabia. Nah, kalau begini keadaanya, figur alternatif yang panen hasil.

Siapa calon alternatif? Sebenarnya, tak tepat dikatakan calon alternatif karena mereka memiliki kekuatan massa yang riil pula. Sebutlah La Ode Frebi Rifai dan La Ode Rimba Sua. Kedua figur ini, jika dipasangkan dengan figur yang diinginkan LM Rusman Emba pasti aka nada sesumbar: “lantikmi”.([email protected])

KENDARI
BOMBANA
KONAWE
KONAWE KEPULAUAN
MUNA BARAT

Komentar

Tinggalkan Balasan