oleh

Calon-Calon Kuat Kepala Daerah di Sulawesi Tenggara

Siapa saja yang akan tampil di perhelatan kursi kepala daerah 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara?. Banyak. Tapi, yang kuat sedikit. Dan, yang akan terpilih satu. Siapa mereka? Kita mulai awali di :

Konawe

KENDARINEWS.COM — Untuk Pemilihan Bupati di Kabupaten Konawe pada 2024 mendatang, sepertinya, keynotenya, atau passwordnya, atau kunci suksesnya masih di tangan Bupati Konawe saat ini, Kery Saiful Konggoasa (KSK). Cukup alasan untuk disebutkan KSK sebagai penentu arah kemenangan karena beberapa indicator. Misalnya, ketika orang mempertanyakan siapa pasangan Bupati “terteduh” di Sultra, tanpa konflik, tanpa gesekan, adalah pasangan Bupati-Wakil Bupati Konawe. Demikian pula, ketika orang mempertanyakan, Kadis di Kabupaten mana di Sultra ini yang enak perasaannya, enak hidupnya, dia urus sendiri proyeknya, maka orang-orang akan menjawab bahwa itulah Kadis-Kadis di Kabupaten Konawe. Masyarakat mana yang tak pernah mengunjukrasa Bupatinya? Itu juga akan dijawab Konawe. Memang ada unjukrasa di kantor Bupati Konawe, tetapi itu menyangkut pengaspalan jalan provinsi di poros Unaaha-Abuki. Jadi, Kery Saiful Konggoasa benar-benar melekat di hati masyarakatnya. Artinya lagi, setir Pilkada Konawe di 2024 masih dikendalikan oleh KSK.

Dari sini bisa disimpulkan. Bupati Konawe di 2024 nanti kira-kira tak akan lepas dari bekapan Kery Saiful Konggoasa. Kalaupun meleset, Bupati Konawe akan jatuh ke figur bupati yang diback up mantan Gubernur Sultra, Nur Alam. Kita lihat nanti. Apakah Fahri Pahlevi Konggoasa yang diback-up Kery Saiful Konggoasa atau Irawan Laliasa yang dikabarkan akan diback-up Nur Alam. Persoalannya sekarang, dua putera Nur Alam yakni Radhan Algindo dan Sitya Giona akan bertarung pula dalam perebutan kepala daerah. Radhan Algindo sudah mempublikasi dirinya sebagai Calon Bupati Konawe Selatan. Dan, Giona mempublikasi dirinya : Siap Jadi Walikota Kendari. Artinya apa? Kekuatan Kery Saiful Konggoasa dan Kekuatan Nur Alam bisa disubsidi silang, Nur Alam memperkuat Pahri Konggoasa di Konawe dan Kery memperkuat Giona di Kendari atau memperkuat Radhan di Konsel. Sudah. Itu aja. Singkat kan?
([email protected])

KENDARI
MUNA
BOMBANA
KONAWE KEPULAUAN
MUNA BARAT

Komentar

Tinggalkan Balasan