oleh

Calon-Calon Kuat Kepala Daerah di Sulawesi Tenggara

Siapa saja yang akan tampil di perhelatan kursi kepala daerah 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara?. Banyak. Tapi, yang kuat sedikit. Dan, yang akan terpilih satu. Siapa mereka? Kita mulai awali di :

Bombana

KENDARINEWS.COM — Siapa yang akan terpilih sebagai Bupati Bombana pada Pemilihan 2024 mendatang, tak akan meleset dari tiga nama ini: Burhanuddin, Siti Saleha dan Andi Nirwana. Saya mematok tiga nama ini bukan mendahului Tuhan. Ini isyarat politik dan fenomena alam. Karena itu, jika pernyataan takabur ini salah, maka salahkan alam kenapa alam memberikan isyarat kepada saya tentang peta politik di Bombana.

Ketiga kandidat ini pada 2024 nanti akan memiliki cerita kesejarahan yang sama tentang Bombana. Sama-sama mantan kepala daerah Bombana. Burhanuddin yang saat ini menjabat Pj Bupati Bombana akan menjadi mantan. Siti Saleha yang saat ini menjabat Kadis Perindag Sultra pernah menjadi Pj Bupati Bombana. Dan, Andi Nirwana pun tak kalah kuat kuasanya di Kabupaten Bombana. Ia mantan Ketua TP PKK Bombana dan kini menjadi anggota DPD-RI. Ketiganya sama kuat dari sisi keuangan. Tapi, dari sisi dukungan masyarakat, tentu beda. Yang pasti bahwa, karena ketiga kandidat ini sama-sama pernah menjabat Bupati Bombana, masayarakat Bombana tak menutup kemungkinan akan memunculkan tagline yang menguntungkan Andi Nirwana dengan tagline “Enak Zaman Tafdil too”. Atau menguntungkan Burhanuddin dengan tagline “Enak Zaman Bur Too”, atau, menguntungkan Siti Saleha dengan tagline “Moico Zaman Saleha Too”. Atau, silahkan masyarakat Bombana membuat sejarah baru dengan kepemimpinan perempuan dengan memasangkan Nirwana-Saleha atau sebaliknya, Saleha-Nirwana. Luar biasa hebatnya pasangan kedua nama ini karena dua-dua nama itu memberi pengertian “Surga”. Saleha berakhir di Surga dan, Nirwana pun berujung Surga. Wallahu ‘alam.

Bagaimana dengan Burhanuddin? Oww, kalau ini saya tak sanggup mengartikan. Tapi bahwa, dilihat dari geo politik Bombana, nampaknya Burhanuddin hanya bisa dipasangkan Siti Saleha, apakah Bur-Saleha atau sebaliknya Saleha-Bur. ([email protected])

KENDARI
MUNA
KONAWE
KONAWE KEPULAUAN
MUNA BARAT

Komentar

Tinggalkan Balasan