oleh

Pakai Baju Adat Tolaki, Surunuddin Pimpin Upacara HUT Konsel ke-19

KENDARINEWS.COM –Upacara peringatan hari ulang tahun ke 19 Kabupaten Konawe Selatan telah terlaksana dengan penuh hikmat. Diselenggarakan di lapangan upacara kantor Bupati Konsel, Kamis (12/5).

Mengusung tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Menuju Desa Maju Konsel Hebat”, Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Bupati dua periode itu nampak gagah mengenakan pakaian adat tolaki yang didominasi warna putih bermotif keemasan.

Tak hanya Bupati Surunuddin, wakilnya Rasyid juga mengenakan pakaian adat. Pakaian yang dikenakan dari adat jawa didominasi warna hitam lengkap dengan blankonnya.

Begitu pula dengan pejabat lingkup pemkab konsel dan tamu undangan yang sempat hadir. Suasana upacara peringatan Hari jadi Konsel bertabur nuansa kebudayaan. Jenis pakain adat yang dikenakan beragam. Dominan pakain adat tolaki, ada pakaian adat Buton, Jawa, juga pakaian adat Bali serta adat lain yang melengkapi kebhinekaan di Konawe Selatan.

Surunuddin Dangga mengatakan, Hut Konsel yang jatuh pada 2 Mei 2022 namun diperingati 12 Mei merupakan suatu berkah. Bertepatan dengan Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

“Berkah buat Konsel hari jadi Konsel bertepatan dengan idul Fitri. Sehingga upacara HUT Konsel kita agendakan tanggal 12 Mei hari ini,” ungkapnya.

Semakin dewasanya Kabupaten Konawe Selatan yang sebentar lagi memasuki usia dua dekade pemerintah daerah terus menggenjot program yang fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Mari bersama, bahu membahu membangun Konsel semakin tumbuh dan berkembang. Wujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya. (ndi)

Komentar

Tinggalkan Balasan