BLK Kendari Award 2021, Momentum Perkuat Sinergi dan Kolaborasi

KENDARINEWS.COM–Dipenghujung tahun 2021, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari menganugerahkan BLK Kendari Awards 2021 sebagai bentuk apresiasi kepada Pemimpin Daerah dan Tokoh Berdedikasi serta kepada berbagai pihak yang telah banyak berperan dalam rangka mensukseskan program BLK Kendari di tahun 2020 dan 2021, sekaligus untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi yang lebih baik menyongsong tahun 2022.

Giat BLK Awards ini di laksanakan, Kamis (30/12/2021) malam di Claro Hotel Kendari dengan dihadiri berbagai pihak diantaranya para penerima penghargaan.

Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi SH yang diwakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekertariat Daerah Provinsi Sultra, Drs Suharno MTP dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BLK Kendari atas terselenggaranya kegiatan BLK Kendari Awards 2021, dan Gubernur Sultra H Ali Mazi SH menjadi salah satu pemimpin dan tokoh berdedikasi yang mendapatkan penganugerahan BLK Kendari Awards 2021.

“Tentu, penghargaan ini bagi saya dan pihak-pihak yang menerima menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang diyakini mampu menghadirkan energi positif menambah spirit dan motivasi untuk terus membangun sinergitas dan berkolaborasi dengan BLK Kendari dalam membangun ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Ia menjelaskan, BLK Kendari merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Pusat Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (UPTP Kemnaker RI) di daerah yang secara faktual memiliki peran penting dan strategis untuk menciptakan tenaga kerja trampil dan mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara melalui pelatihan berbasis kompetensi.

“Sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, saya mengikuti perkembangan berbagai kegiatan positif yang telah dilakukan BLK Kendari, mulai dari pelatihan berbasis kompetensi institusional, non institusional, pelatihan peningkatan produktivitas bagi para pelaku usaha, pelatihan talenta muda, pelatihan tanggap Covid, dan pelatihan berbasis kompetensi yang dilakukan di UPTD binaan BLK Kendari yang ada di daerah-daerah,” jelasnya.

Atas kerja keras tersebut, lanjut orang nomor satu di Sultra ini, pihaknya bersepakat bersama DPRD Sulawesi Tenggara untuk menghibahkan Tanah milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara seluas 4,58 hektar kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk pengembangan workshop pelatihan serta fasilitas kantor BLK Kendari yang pada 26 November 2021 lalu secara resmi naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima hibah ditandatangani.

“Alhamdullilah, hari ini BLK Kendari telah berada di atas lahan seluas 6,75 hektar dan semua itu kita lakukan sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan program pembangunan ketenagakerjaan di Sultra,” katanya.

Sebagai penutup, Gubernur Sultra H Ali Mazi SH menekankan, bahwa permasalahan ketenagakerjaan bukan hanya urusan dan tanggung jawab Kemnaker RI, bukan juga hanya tanggung jawab BLK Kendari, bukan juga hanya urusan dan tanggung jawab Pemprov Sultra atau pemerintah kabupaten/kota, namun hal itu sesungguhnya menjadi tanggung jawab bersama semua pihak.

“Mari kita sama-sama bergandengan tangan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Sultra dan untuk itu saya mengajak semua pihak untuk terus mendukung BLK Kendari sebagai bagian penting dan strategis dalam membangun ketenagakerjaan di Sultra. Saya juga, secara khusus menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kepada Kepala BLK Kendari Adinda saya Dr La Ode Haji Polondu atas segala kerja kerasnya selama ini,” tuturnya.

Senada dengan Gubernur Sultra, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh, Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Danrem 143 Haluoleo Brigjen Yufti Senjaya, Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb A. Ferdinand Picaulina, S.Sos, Ketum Kadin Sultra Anton Timbang, Ketua FKLPI Sultra Ahmad, Rektor Universitas Halu Oleo Kendari Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc, Rektor IAIN Kendari Prof Dr Faizah Binti Awad, M.Pd serta seluruh tamu yang hadir juga memberikan apresiasi kepada BLK Kendari atas segala kerja keras yang telah dilakukannya selama ini.

Ditempat yang sama juga, Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu menuturkan, pihaknya sangat berterimakasih atas segala dukungan yang diberikan berbagai pihak hingga terlaksananya kegiatan ini dan berkat dukungan tersebut BLK Kendari bisa terus mengabdi kepada masyarakat Sultra melalui kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

“Alhamdulillah, setelah banyak melalui proses, BLK Kendari kini bisa semakin berbenah, meski dengan perlahan namun pasti. Hari ini juga, telah menjadi bukti, jika BLK Kendari dalam berbagai programnya tidak berjalan sendiri dan atas hal itu saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, khususnya Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas beserta jajarannya, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh beserta seluruh anggota DPRD Sultra, dan seluruh FORKOPIMDA, TNI/POLRI, serta kepada teman-teman pers,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan BLK Awards dibagi menjadi beberapa kategori, dimana Gubernur Sultra H Ali Mazi SH, Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra H Abdurahman Saleh dianugerahi pada kategori pemimpin dan tokoh berdedikasi yang atas dedikasi dan kinerja serta visi kepemimpinan mereka mampu mensukseskan berbagai program BLK Kendari dalam pembangunan sumber daya manusia di Sultra.

Pada kategori pemimpin dan tokoh berdedikasi, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kemnaker RI, pihaknya juga menyerahkan kepada pimpinan SKPD, TNI Polri, FORKOPIMDA, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ormas dan LSM atas kontribusi dan dukungan serta upaya mensukseskan program BLK Kendari dalam peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan berbasis kompetensi.

Rektor UHO, Prof.Muhammad Zamrun (kiri), menyerahkan penghargaan kepada Perwakilan kendarinews.com, Fara (kanan) dalam BLK Award 2021, Kamis (30/12/2021).

“Kita juga memberikan penghargaan pada kategori dunia usaha dan industri atas peran dan kolaborasi yang baik bersama BLK Kendari dalam penempatan angkatan kerja di Sultra. Selain itu, untuk jasa mitra kami, baik itu media cetak, online dan elektronik kami juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada teman-teman wartawan atas kontribusi dan dukungan serta upaya mensukseskan program BLK Kendari dan terus mengawasi kami hingga tidak salah jalan dalam melaksanakan berbagai kegiatan di BLK Kendari,” bebernya.

Ia juga menambahkan, bahwa dengan suksesnya kegiatan BLK Awards 2021 ini, pihaknya ke depan berkomitmen untuk terus berbuat yang terbaik, menciptakan tenaga kerja trampil, bersama Pemda menekan angka pengangguran dengan menciptakan angkatan kerja kompeten serta berdaya saing tinggi.

“Insya Allah, sudah menjadi komitmen kami dan juga menjadi harapan kita bersama, ke depan BLK Kendari bisa lebih memberikan pelatihan kepada masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman serta sesuai pula dengan kebutuhan pasar kerja yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Hasil Penilaian Dewan Juri BLK Kendari yang dikuatkan dengan Keputusan BLK Kendari
No : 2.13/8713/HM.02.05/XII/2021, Tanggal 28 Desembar 2021 tentang Penerima BLK Kendari Awards 2021 adalah sebagai berikut:

I. PEMIMPIN DAN TOKOH BERDEDIKASI:

  1. Gubernur Sultra
  2. Wakil Gubernur Sultra
  3. Sekda Provinsi Sultra
  4. Walikota Sultra
  5. Ketua DPRD Sultra
  6. Danrem 1143/UHO
  7. Danlanud Halu Oleo
  8. Kakanwil Kemenag Prov Sultra
  9. Kakanwil Kemenkum dan HAM Prov Sultra
  10. Kepala BNN Prov Sultra
  11. Kadis Dikbud Prov Sultra
  12. Kadis Nakertrans Prov Sultra
  13. Kadis Sosial Prov Sulta
  14. Kepala BPKAD Prov Sultra
  15. Kapolres Kota Kendari
  16. Bupati Muna
  17. Bupati Buton
  18. Bupati Buton Tengah
  19. Rektor Universitas Halu Oleo Kendari
  20. Rektor Institut Agama Islam Negeri Kendari
  21. Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo
  22. Dr. Rony Yakob, M.Si.

II. DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI:

  1. KADIN Sultra.
  2. PT. VDNI Konawe.
  3. FKLPI Sultra.

III. ORMAS, ORGANISASI PROFESI DAN LSM:

  1. Pengurus Wilayah NU Sulawesi Tenggara
  2. Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Tenggara
  3. Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII Sultra
  4. Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Sulawesi Tenggara
  5. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara
  6. Aliansi Pemuda dan Pelajar Sulawesi Tenggara (AP2 Sultra)

IV. MEDIA ONLINE

  1. LKBN ANTARA Biro Sultra
  2. Sultraline.id
  3. PenaSultra.id
  4. Sultrakini.com
  5. DetikSultra.com
  6. ZonaSultra.com
  7. InikatastiItra.com
  8. Sultrakongkrit.com
  9. Beritasultra.id
  10. Kongkritnewssultra.com
  11. Oborsejahtera.com
  12. Topiksultra.com
  13. Asumsirakyat
  14. Radarsultra.co.id
  15. Sultranews.co.id
  16. Kendarikini.com
  17. Kendarinews.com
  18. Thepasarwajonews.com
  19. Lingkarsultra.com
  20. Sultrafajar.co.id
  21. Kendariinfo.com
  22. Pusdayanews.com
  23. Mediakendari.com
  24. Bondo.id
  25. Sibernas.id
  26. Telisik.id
  27. Sultrademo.co
  28. Lenterasultra.com
  29. Dinamikasultra.com
  30. Sultrasentral.id

V. MEDIA PENYIARAN

  1. LPP TVRI
  2. LPP RRI
  3. Kompas TV

VI. PURNABAKTI ASN BLK KENDARI

  1. Mukasir, A.,SE.
  2. La Ode Marzuku, S.Pd.
  3. Mustarim, SE.
  4. Firman Kasim.
  5. Wa Ode Marfumah.
  6. Nurhaeni Sila.

Acara tersebut dihadiri oleh Asisten II Setda Sultra mewakili Gubernur Sultra, yang mewakili Ketua DPRD Sultra, Danrem 143/Halu Oleo, Danlanud Halu Oleo, Rektor Universitas Halu Oleo, Rektor IAIN Kendari, Walikota Kendari, Kadis Nakertrans Kabupaten Muna mewakili Bupati Muna, Staf Khusus Bupati Buton mewakili Bupati Buton, Kadis Naker Kabupaten Buton Tengah mewakili Bupati Buton Tengah, Kepala BNN Prov. Sultra, Kakanwil Kemenag Prov Sultra, Kadis Nakertrans Prov Sultra, Kadis Sosial Prov Sultra, Kepala BPKAD Prov Sultra, Kapolres Kendari, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo, Dr. Rony Yakob, M.Si., Ketua Umum KADIN Sultra, Perwakilan PT. VDNI Konawe, Ketua FKLPI Sultra, Ketua NU Sultra, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Sultra, Ketua IKA PMII Sultra, Ketua PKC PMII Sultra, Ketua PWI Sultra, Ketua PGRI Sultra, Pembina AP2 Sultra, Kepala TVRI Sultra, Kepala RRI Kendari, Perwakilan Kompas TV Kendari, Kepala LKBN ANTARA Biro Sultra, serta 33 Pimpinan Media Cetak dan Media Online di Kota Kendari. (rls/kn)

Tinggalkan Balasan