Komitmen Atasi Problem Ketenagakerjaan, Pengurus LKS Tripartit Provinsi Sultra Periode 2021 – 2023 Ditetapkan

Ketgam : Wakil Ketua LKS Tripartit Sultra, LM Ali Haswandy (Kelima Dari Kiri) didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra, Minarni Lukman, dan Ketua Serikat Pekerja PT.Media Kita Sejahteta (Kendari Pos) Hasruddin Laumara sempatkan foto bersama usai penetapan pengurus LKS Tripartit Sultra Periode 2021 – 2023 di Hotel Venus, kemarin.

KENDARINEWS.COM–Masalah (perselisihan) dalam ketenagakerjaan berpotensi terjadi kapan dan dimana saja. Problem yang ditimbulkan pun kian kompleks. Atas dasar itu, Pemerintah telah membentuk Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit.

Di Sultra, Gubernur Ali Mazi telah menetapkan pengurus LKS Tripartit. Itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Sultra Nomor 596 Tahun 2021 tentang pengangkatan anggota LKS Tripartit Periode 2021 – 2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, LM Ali Haswandy, mengatakan kehadiran lembaga tripartit sangat bernilai strategis bagi daerah. Pasalnya, tripartit menjadi forum komunikasi, informasi, edukasi antar stakeholders dan pihak terkait lainnya semakin berkiprah dalam membangun dan mengisi hal-hal yang berkenan dengan isu-isu ketenagakerjaan terkini.

“Tentu sinergitas ini semakin memperkuat posisi forum ini dengan upaya-upaya penyelesaian masalah dibidang ketenagakerjaan sebagaimana amanah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas PP Nomor 8 Tahun 2005 tentang Tata Kerja dan Sususan Organisasi Lembaga Kerja Sama Tripartit,” ungkap Haswandy usai penetapan pengurus LKS Tripartit di Hotel Venus, kemarin.

Haswandy yang juga selaku Wakil Ketua LKS Tripartit Sultra ini berharap dedikasi dan semangat pengurus bisa semakin ditingkatkan agar bisa mereduksi problem ketenagakerjaan yang berpotensi terjadi.

“Kami akan terus mendorong, memfasilitasi dan juga membawa forum ini kearah yang lebih, jauh lebih baik dari apa yang sudah dilakukan oleh pendahulu,” kata Haswandy.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra yang juga anggota LKS Tripartit Sultra, Minarni Lukman menyambut baik kepengurusan lembaga yang baru. Ia yakin hadirnya tripartit bisa menjadi wadah untuk menghimpun aspirasi demi kesejahteraan pekerja. “Kami dukung,” ujarnya.

Sekedar informasi, berdasarkan SK Gubernur Sultra Nomor 569 Tahun 2021, Ketua LKS Tripartit Sultra diketuai langsung oleh Gubernur Sultra H.Ali Mazi. Sementara posisi Wakil diisi oleh Kepala Dinas Nakertrans dan anggotanya meliputi Ketua Badan Intelijen Negara (BIN), Kapolda Sultra, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sultra, Kepala BLK Kendari, Kepala BP2MI Kendari, serta serikat pekerja/karyawan yang ada di Sultra. (ags)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.