Indomaret & Piatos – Pemkab Koltim Sinergi Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Dorong UMKM Bertahan Dimasa Pandemi

KENDARINEWS.COM–Wabah Covid yang melanda dua tahun terakhir ini berdampak serius terhadap keberlangsungan UMKM di tanah air. Tak sedikit, pelaku UMKM harus “Gulung Tikar” karena tidak mampu bertahan akibat tergerus wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Guna membangkitkan kembali UMKM yang “Mati Suri” itu, Indomaret bersama Pemkab Kolaka Timur menggelar pelatihan kewirausahaan. Kegiatan yang bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) itu diharapkan bisa mendorong UMKM bertahan dimasa pandemi saat ini.

Deputy Branch Manager OPR Indomaret Cabang Makassar Depo Kendari, Setia Budi (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas (tengah) pertanda dimulainya pelatihan kewirausahaan yang melibatkan sekira 60 pelaku UMKM di Koltim.

Kegiatan yang mengusung tema “Strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Covid -19” dibuka langsung oleh Pj Bupati Koltim, Sulwan Aboenawas bersama Deputy Branch Manager OPR Indomaret Cabang Makassar Depo Kendari, Setia Budi. Meski dilaksanakan masih dalam suasana pandemi covid, penyelenggaraannya tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Kepala Bidang Koperasi Dinas Perindagkop Koltim, Martha Tonga menyambut baik pelatihan kali ini. Menurutnya, edukasi yang diberikan dapat menghadirkam peluang bagi pelaku UMKM untuk bangkit dari pandemi sehingga bisa menata diri agar bisa sejahtera.

“Kedepan, kami berharap semua retail modern dan kawasan industri bisa ikut andil dalam memasarkan produk-produk UMKM di Kolaka Timur,” kata Martha.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Branch Manager OPR Indomaret Cabang Makassar Depo Kendari, Setia Budi, mengungkapkan pelatihan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM agar mampu membuat produknya lebih menarik di tambah lagi dengan beberapa strategi pemasaran produk.

“Salah satu kesuksesan produk adalah Packing atau kemasan yang baik, karena menjadi nilai tambah untuk bersaing dengan produk lain nya. Kami dari Indomaret mengadakan program pelatihan agar bisa memberikan informasi dan wawasan tambahan tentang informasi produk,” kata Setia Budi.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan, para pelaku UMKM bisa lebih profesional dalam memasarkan produknya. Baik pemasaran melalui outlet Indomaret maupun secara daring (online). “Saya yakin melalui pelatihan ini, pelaku UMKM di Kolaka Timur bisa lebih kreatif dan inovatif pada produknya,” kata Setia Budi.

Untuk diketahui, yang bertindak sebagai narasumber dalam dalam pelatihan tersebut adalah Chef Ranu Visuda yang merupakan praktisi kuliner sekaligus pemilik rekor MURI 2015 masak 100 resep tercepat.

Perlu diketahui pula, pada pelatihan kali Indomaret menyalurkan bantuan 2 unit grobak UMKM, Sealer untuk 60 peserta, serta hadiah electronik hingga Smartphone kepada peserta yang beruntung. (rls/kn/adv)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.