Lakukan Ini jika Mata Anda Berair!

KENDARINEWS.COM — Mata berair terjadi ketika tubuh memproduksi air mata lebih karena mata kehilangan kelembaban akibat penguapan atau air mata mengal keluar. Mata berair atau kelebihan air mata dapat terjadi secara alam dalam menanggapi emosi atau cuaca dingin dan berangin. Namun mata berair terus-menerus dapat memiliki banyak penyebab, termasuk alergi dan infeksi. Tersumbatnya saluran air mata juga penyebab umum lain dari mata berair. Komplikasi mata kering atau iritasi mata pun dapat memicu pelepasan sejumlah besar air mata dalam upaya untuk melumasi mata.

Ilustrasi (net)

Penyebab umum lain adalah blepharitis (peradangan bulu mata), selesma, mata kering (penurunan produksi air mata), ectropion (kelopak mata tumbuh keluar), entropion (kelopak mata tumbuh ke dalam), ada benda asing dalam mata, alergi serbuk bunga, infeksi pada saluran air mata, bulu mata tumbuh ke dalam (trichiasis), iritasi kornea atau mata merah (konjungtivitis).

APA YANG BISA DILAKUKAN SENDIRI?

  • Lakukan kompres dengan air hangat di atas kelopak mata ya tertutup 2-4 kali sehari selama 10 menit.
  • Jangan memakai riasan mata yang sudah terlalu lama atau ka luarsa karena kemungkinan bisa terkontaminasi bakteri. Ganti rias mata Anda setidaknya tiga bulan sekali.
  • Jangan menggosok mata.
  • Bila Anda memakai lensa kontak, ikuti cara penggunaan, pember sihan dan penyimpanannya sesuai yang dianjurkan.

KAPAN MEMINTA PERTOLONGAN MEDIS?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami mata berair dengan disertai pengurangan penglihatan atau terasa nyeri di sekitar mata. (Sumber : Buku 92 Pengobatan Mandiri di Rumah, Oleh : Ira Puspito Tri Onggo)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.