Waaster KSAD: Investasi VDNI dan OSS Bisa Sejahterakan Masyarakat

KENDARINEWS.COM–Aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang smelter biji nikel berbendera PT Virtue Dragon Nickel
Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) mendapat perhatian serius dari Markas Besar (Mabes) TNI AD.

Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster KSAD) Brigjen TNI Donni Hutabarat menyambangi pabrik smelter nikel di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP), Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Kamis (18/11).

Momentum itu, Brigjen TNI Donni menggariskan TNI memiliki tugas pokok penanganan objek vital nasional (Obvitnas), sesuai amanat undang-undang nomor 34 tahun 2004. Sebagai Obvitnas, pihaknya berperan melakukan pengamanan di kawasan industri VDNIP.

“Maksud dan kedatangan kita adalah melihat sejauh mana tugas pokok yang dilaksanakan oleh personel yang sedang bertugas di sini. Melihat kondisi mereka bagaimana? hak dan kewajiban mereka bagaimana?” beber Brigjen Donni. Turut hadir, Kepala Seksi Teritorial Korem 143/HO Kolonel Inf Ahmad Hadi Hariono, Kepala Staf Kodim 1417/Kendari Letkol Inf N. Nasution, Pabandya 1/Bin Ops Sterad Letkol Inf Hari Sandhi, Danki Satgas Kapten Inf Sulhan, Danramil Sampara Kapten Inf Herman, dan External Affairs PT VDNIP, Wanda Irawan.

Kawasan VDNIP merupakan Obvitnas subbidang mineral dan batubara berdasarkan Kempem No.77K/90/MEM/2019 serta menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden No. 58 tahun 2017.

Usai memantau beberapa area di VDNIP, ia mengapresiasi satuan tugas (Satgas) yang bertugas di lapangan. Sebab bagi dia, mereka telah melakukan tugasnya dengan baik.

“Kalau yang dipaparkan oleh Komandan Satgas, secara teknis sudah baik. Tapi, ada hal yang mungkin perlu mereka tingkatkan lagi yaitu pendekatan terhadap masyarakat di sekitar. Karena masyarakat sekitar adalah benteng hidup kita,” lanjutnya.

Ia berharap PT VDNI dan PT OSS yang membawa investasi besar dapat berdampak baik bagi negara, dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Warga yang bermukim di kawasan industri, ia ajak untuk bersama-sama menjaga perusahaan karena ini merupakan aset yang akan mendatangkan pemasukan buat negara dan masyarakat. (adi)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.