Tampung Aspirasi Masyarakat, Menteri Nadiem Akan Bahas Permendikbudristek PPKS



KENDARINEWS.CO.ID — Hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi (Permendikbudristek PPKS) menjadi kabar gembira bagi sivitas akademika. Sebab, mereka mendapatkan keamanan dari kekerasan seksual melalui regulasi tersebut.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, mengatakan dirinya akan berkunjung kepada para organisasi masyarakat (ormas) yang memiliki concern soal kekerasan seksual.

Hal ini dilakukan guna menampung berbagai masukan atas Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi.

“Saya akan datang menggunakan beberapa bulan ke depan untuk dengerin satu per satu, lihat masukan dan cari suatu pengertian yang sama,” jelas dia dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (16/11).

Nadiem Makarim

Kata dia, perbedaan pendapat adalah hal yang wajar. Perbedaan ini pun tidak membuat dirinya patah semangat, melainkan menambah semangat dirinya untuk menyempurnakan Permen tersebut. “Dari semua yang punya konsen terkait frasa dalam permen ini yang membuat saya senang adalah semua semangat bahwa Permen PPKS ini harus terus jalan, itu yang membuat saya semangat,” tutur dia.

Ia memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam Permen tersebut akan dikunjungi oleh pihaknya. Dalam beberapa bulan ke depan, waktu yang ia miliki akan digunakan untuk hal tersebut.
“Gakpapa kita punya sedikit perbedaan pendapat, ada multitafsir, saya tampung kita lihat dan evaluasi, kita pastikan semua pihak didatengin, termasuk kampus dan dosen,” ujar dia.

“Karena saya juga ingin mengerti concern mereka, saya sudah muter-muter tapi akan lebih intensif lagi, jadi kita sebagai pembuat kebijakan itu harus benar-benar terbuka,” pungkas Nadiem. (jpg)

Mendikbudristek Nadiem Makarim

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.