Penerimaan PPB Baru Capai 80 Persen, Bapenda Kendari Jemput Bola


KENDARINEWS.COM — Jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) tinggal menghitung hari. Namun hingga kini, realisasi PBB baru mencapai 80 persen. Untuk bisa memenuhi target, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan upaya jemput bola melalui program Goes To Kelurahan. Tiap hari, layanan mobile keliling di setiap kelurahan.

Kepala Bapenda Kendari, Sri Yusnita mengatakan, layanan pembayaran PBB keliling sengaja dihadirkan untuk mengakomodir masyarakat yang kesulitan membayar PBB terutama para wajib pajak. Berdasarkan hasil pemantauan, masyarakat kesulitan membayar pajak. Tidak hanya karena lokasi tempat tinggal yang terlampau jauh dengan perbankan, kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengakses aplikasi Pajak Menyapa (Jakpa).

Sri Yusnita

“Program ini sebenarnya untuk semua pajak, Namun diawal kami prioritaskan dulu untuk PBB. Karena mengingat jatuh temponya sudah semakin dekat yakni tanggal 30 November. Program ini juga sekaligus untuk mengedukasi masyarakat terkait perpajakan,” kata Sri Yusnita, kemarin.

Selain untuk menjangkau wajib pajak, program tersebut diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB. Apalagi tahun ini target penerimaan PBB sudah dipatok pemerintah sebesar Rp 21 miliar.

“Kita optimis bisa capai target. Paling tidak mendekati sembilan puluan persen. Toh juga meski berhenti jatuh tempo 30 November, di Desember kan masih bisa. Masyarakat tetap membayar hanya sudah kena denda 2 persen. Kalau realisasi (PBB) pada 9 November sudah mencapai Rp 16,75 miliar atau telah terealisasi 80 persen,” kata Sri Yusnita. (b/ags)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.