Ruksamin Akan Luncurkan e-TPP Konasara “SiAnawaiKonasara”

KENDARINEWS.COM — Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin punya tekad kuat membangun daerah. Ketika sudah menabalkan misi pembangunan, pantang bagi Ruksamin surut langkah. Sama halnya dalam tata kelola pemerintahan. Bupati Ruksamin sudah menabalkan tekadnya meraih predikat BB tahun 2021 dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (Sakip) dari Kementerian PAN RB. Bahkan Bupati Konut dua periode itu optimistis memboyong predikat BB.

Tahun 2020, Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin sukses mengantarkan Kabupaten Konut meraih predikat B dalam penilaian Sakip. Kala itu, Pemkab Konut meraih nilai tertinggi Sakip se-Sultra, dengan raihan 61,75 (predikat B).

Keoptimisan Pemkab Konut meraih predikat BB Sakip tahun 2021 dilontarkan Bupati Ruksamin dalam bimbingan teknis (Bimtek) implementasi Sakip di Ballroom Yuan Garden Pasar Baru Mansion, Jakarta Pusat, kemarin. Bimtek diikuti seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Konut. “Tahun 2020 Pemkab Konut mendapat predikat nilai B oleh Kemenpan RB. Tahun 2021 ini, kami menargetkan predikat nilai BB atau lebih meningkat lagi. Kami optimistis dapat meraih predikat BB itu,” ujar Bupati Konut, Ruksamin saat membuka Bimtek, kemarin.

Optimistis Bupati Ruksamin itu bukan tanpa ikhtiar. Jauh sebelumnya Ruksamin meretas jalan ke arah itu. Oktober 2021, Bappeda Konut menggelar kegiatan pendampingan dan penguatan Sakip selama dua hari dan diikuti seluruh kepala OPD, kepala bagian dan admin masing-masing OPD. Dan yang terbaru, Pemkab Konut menggelar Bimtek implementasi Sakip di 2021 Jakarta. Pemkab Konut menghadirkan pembicara Akhmad Hasmy yang menjabat Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Kementerian PAN-RB

Bupati Ruksamin menekankan predikat BB Sakip 2021 dapat diraih apabila seluruh OPD Pemkab Konut dapat menyusun dan merealisasikan program kerja tepat waktu dan tepat sasaran. Menurutnya, secara umum Sakip merupakan raport bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam menjalankan program kerja selama periode lima tahun. Selain melakukan record atas pelaksanaan program kinerja pemerintah, Sakip juga berfungsi menyusun perencanaan dari perancangan program kerja seluruh OPD untuk mewujudkan visi-misi bupati dan wakil bupati yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Untuk itu, saya minta kepada seluruh OPD memprogramkan kinerja dengan mendasarkan seluruh kegiatan pada pencapaian visi-misi yang tertuang dalam RPJMD. Hal itu dilakukan agar seluruh instansi atau OPD berkolaborasi menyusun program kinerja dengan menyasar visi-misi Konasara jilid II tahun 2021-2026,” perintah Bupati Ruksamin kepada peserta Bimtek Implementasi Sakip.

Ketua DPW PBB Sultra itu menjabarkan program kerja berbasis visi misi Konasara Jilid II yakni meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) melalui Konut Cerdas dan Sehat, meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar dan sarana prasarana kawasan permukiman melalui Konut infrastruktur merata. “Selain itu, mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) guna meningkatkan daya saing ekonomi melalui apangan kerja untuk rakyat,” rinci Bupati Konut dua periode, Ruksamin.

Program kerja lainnya yakni, mewujudkan tata kelola pemerintah yang akuntabel, reformasi-birokrasi dan pelayanan publik yang prima, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, serta membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan lokal.

Bupati Konut, Ruksamin (tiga dari kiri) memberikan cendera mata kepada Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Kementerian PAN-RB, Akhmad Hasmy (dua dari kanan). Bupati didampingi Wakil Bupati Konut, Abuhaera (dua dari kiri) dan Sekda Kab.Konut, HM. Kasim Pagala (kiri). Bagian Prokopi For Kendari News

Selain menegaskan penyusunan program kinerja instansi, Bupati Ruksamin dalam waktu dekat akan meluncurkan sistem e-TPP Konasara dengan nama aplikasi “SiAnawaiKonasara” yang akan merekam seluruh aktifitas, kinerja, hasil kinerja, disiplin hingga menentukan pendapatan bersih per-bulan yang terakumulasi dari seluruh indikator penilaian secara otomatis seluruh ASN di Pemkab Konut.

Sementara Asisten Deputi III Kemenpan RB, Akhmad Hasmy menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Sakip dalam rangka merealisasikan visi misi kepala daerah. “Bahwa Sakip harus setara dengan tujuan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga pemerintah harus mencapai target yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, serta publik harus tahu apa yang dilakukan pemerintah,” ujarnya. (min/b)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.