Kaki Bengkak setelah Konsumsi Obat Hipertensi, Bahayakah?

KENDARINEWS.COM — Salah satu efek samping yang berkaitan dengan penghambat saluran kalsium adalah pembengkakan pergelangan kaki. Pembengkakan ini bertambah parah di siang hari, tetapi tidak terlalu terlihat di pagi hari saat pasien bangun dari tempat tidur untuk pertama kali. Pembengkakan ini tidak berkaitan dengan ke naikan berat badan. Pembengkakan ini mungkin mengganggu, tetapi biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Tiga jenis penghambat saluran kalsium digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Dua dari tiga jenis ini-verapamil dan diltiazem-hanya memiliki satu bahan kimia dalam klasifikasinya; keduanya juga tersedia dalam bentuk obat generik Penghambat saluran kalsium lainnya lebih sering menimbulkan pembengkakan pergelangan kaki; di antaranya yaitu nifedipine, felodipine, nisoldipine, amlodipine, isradipine, dan nicadipine. (Pembengkakan pergelangan kaki jarang terjadi pada kasus verapamil dan diltiazem).

Ilustrasi (net)

Pembengkakan yang berkaitan dengan penghambat saluran kalsium jenis ini terjadi karena distribusi protein dalam sel pembuluh darah yang dihambat oleh penghambat saluran kalsium. Arteri dan vena berbeda dalam hal ini, karena penghambat saluran kalsium cenderung lebih baik dalam melebarkan pembuluh arteri daripada vena. Akibatnya duduk bangun atau berdiri, darah akan mengalir ke kaki lebih mudah bila Anda minum penghambat saluran kalsium, tetapi laju aliran darah meninggalkan saat Anda kaki melalui vena tetap tidak berubah. Perbedaan laju aliran ini membuat sedikit darah tertinggal di kaki akibat perubahan tekanan arteri dan vena, yang berakibat pembengkakan pergelangan kaki. Setelah pembengkakan mencapai titik keseimbangan tertentu pada individu selama hari yang sama, pembengkakan cenderung tidak bertambah parah karena sistem limfatik melakukan aksi mencegah pengumpulan cairan lebih lanjut.

Saat Anda berbaring, gravitasi tidak lagi berpengaruh pada aliran darah. Jadi, ketika Anda tidur malam, cairan yang terkumpul sewaktu siang hari biasanya diserap kembali atau dialirkan ke berbagai tempat dalam tubuh. Kadang-kadang Anda merasa ingin kencing waktu malam karena penyerapan kembali sisa cairan yang terkumpul di sekitar pergelangan kaki. Sejauh yang kami tahu, tidak ada efek lain dari pembengkakan pergelangan kaki akibat pemakaian penghambat saluran kalsium selain ketidaknyamanan karena terkadang ingin kencing di waktu malam.

Mungkin juga terdapat penyebab lain pembengkakan. Sebagai contoh, bila jantung, hati, atau ginjal ter ganggu fungsinya, buruknya kerja organ tersebut bisa berakibat pembengkakan. Juga, hipertensi pul monal-tipe hipertensi di mana terdapat tekanan tinggi yang tidak normal dalam sirkulasi paru-paru dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki. Kondisi ini sangat berbeda dan jauh lebih serius daripada pembengkakan pergelangan kaki akibat obat hipertensi tertentu. Biasanya, gangguan fungsi organ menimbulkan gejala tertentu, seperti kesulitan bernapas, pembengkakan yang tidak membaik di pagi hari, kulit berwarna kekuningan, kelelahan yang berlebihan, atau terbangun di malam hari karena sesak hapas. Kumpulan gejala ini biasanya tidak ada pada pembengkakan akibat efek samping pemakaian obat penghambat saluran kalsium. Jika ada, merupakan indikasi dari masalah lain yang lebih serius sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. (sumber : Buku “tekanan darah tinggi (hipertensi”, Oleh : Raymond R. Townsend, MD).

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.