Ratusan Nelayan Wakatobi dapat Bantuan

ASTY NOVALISTA/KENDARI POS
BANTUAN : Plt Kepala DKP Wakatobi, Mulyanto ketika memperlihatkan paket jaring dan cold box yang merupakan pengadaan dari DAK 2021 untuk disalurkan pada para nelayan.

KENDARINEWS.COM– Tahun 2021 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,4 miliar. Anggaran itu akan diporsikan untuk membantu ratusan nelayan dan tak lama lagi akan direalisasikan. Bantuan perahu lengkap dengan mesinnya, serta dua paket lainnya siap diserahkan pada kelompok nelayan sebagai peserta penerima.

Kendati sudah ada dua paket yang telah tersedia yakni jaring dan cold box, penyerahannya baru direncanakan pada Desember mendatang. Penerimanya adalah kelompok nelayan yang sudah mengusulkan bantuan tersebut sejak tahun 2020 lalu. Ditargetkan, semua bantuan akan diserahkan sekaligus dengan perahu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP Wakatobi, Mulyanto, menjelaskan, DAK sebesar Rp 1,4 miliar itu akan disalurkan dalam bentuk barang pada puluhan kelompok nelayan yang tersebar di empat pulau besar. “Kita tinggal menunggu perahunya. Kalau sudah selesai langsung penyerahan. Sehingga akan ada tiga paket bantuan yang kita serahkan pada kelompok nelayan,” jelas Mulyanto, Rabu (3/11).

Masing-masing kelompok nelayan akan mendapatkan satu paket. Misalnya untuk cold box, minimal tiga hingga lima unit untuk satu kelompok. Sementara delapan perahu yang dilengkapi mesin akan diserahkan masing-masing satu unit pada kelompok nelayan. “Satu kelompok beranggota 10 orang. Kalau sudah terima cold box, maka tidak terima lagi perahu ataupun jaring. Intinya akan diserahkan akhir tahun ini juga,” pungkas Mulyono. (c/thy)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.