Serapan Anggaran Baru 53,67 Persen, OPD Diminta Percepat Pengajuan SPM


KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi serapan anggaran Pemprov Sultra harus menjadi perhatian. Hingga Oktober, nilai serapan anggaran baru mencapai 53,67 persen. Padahal sisa tenggang waktu untuk belanja dan realiasi program tahun 2021 hanya tersisa 45 hari kalender atau per tanggal 15 Desember.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Basiran mengakui realisasi serapan anggaran masih terbilang stagnan. Namun di lapangan, jumlahnya sudah melebihi angka yang sebenarnya. Sejauh ini, progres kegiatan fisik sudah mencapai 80 persen. Di sisi lain, proses pembuatan laporan ke Kementerian keuangan (Kemenkeu) paling cepat seminggu baru ditransfer.

Basiran

“Posisi realisasi belanja kita per tanggal 29 Oktober tahun anggaran 2021 baru mencapai 53,67 persen,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/11)

Dalam progres serapan anggaran lanjutnya, yang terpenting adalah realisasi fisik di lapangan. Untuk realisasi belanja tidak akan mungkin sampai 100 persen. Sebab masih ada anggaran pemeliharaan. Kedua, juga ada kegiatan yang ada hambatan yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

“Tetapi khusus belanja RS Jantung dan jalan Kendari-Toronipa, pembayarannya sesuai progres sebab sumbernya melalui pinjaman SMI yang pembayarannya sistem transfer,” jelas Basiran kemarin.

Ia berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang program kerjanya ditetapkan diperubahan bisa melakukan proses pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM). Jangan tunggu hingga akhir tahun anggaran. Ia memprediksi serapan atau realisasi belanja hanya bisa mencapai 93 persen.

“Personil kita sangat terbatas untuk memproses pencairan. Karena kalau semua OPD terlambat mengajukan SPM, kita harus kerja siang malam. Untuk itulah, OPD yang sudah tuntaskan programnya agar segera diajukan proses pencairan di November ini,” pinta mantan asisten I Setprov Sultra ini. (b/kam)

Serapan Anggaran 2021
-Per 29 Oktober 53,67 Persen
-Realisasi Fisik 80 Persen
-Ditargetkan 93 Persen

Proses Pembuatan Laporan di Kemenkeu Butuh Waktu
Ada Beberapa Proyek yang Pembayarannya Disesuaikan Progres
OPD Diminta Ajukan SPM

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.