Hasil Monev KIP 2021, Pemprov Sultra Dinilai Cukup Informatif

KENDARINEWS.COM — Pemprov Sultra dinilai memiliki kesungguhan dalam membenahi keterbukaan informasi. Komitmen Pemprov tercermin dari hasil penilaian Komisi Informasi Pusat (KIP). Di mana, Pemprov meraih predikat cukup informatif. Capaian ini terbilang positif. Pada tahun lalu, Pemprov masuk kategoti tidak informatif.

Dari hasil penilaian KIP, Pemprov naik dua peringkat. Nilai yang diperoleh meningkatkan siginfikan dibanding tahun lalu yang hanya 17,76. Tahun 2021 ini naik tajam menjadi 75,41. Penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2021 digelar KIP secara virtual dengan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Selasa (26/10).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Ridwan Badallah mengapresiasi dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah berpartisipasi dan membantu memberikan data dan informasi yang dibutuhkan selama proses monitoring dan evaluasi (monev).

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur dan Wagub dan Sekda yang terus mendukung dan mengarahkan sehingga predikat yang dicapai tahun ini lebih baik” kata Ridwan Badallah kemarin.

Ridwan Badallah

Dalam penilaian keterbukaan informasi badan publik lanjutnya, ada lima kategori yakni informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif dan tidak informatif. Tahun depan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan. Indikator yang menjadi tolok ukur kerterbukaan informasi publik akan ditata lebih baik.

“Untuk kualifikasi Pemprov, monev keterbukaan informasi publik Diskominfo sebagai stakeholder utama dalam menyiapkan bahan-bahan penilaian. Meski demikian, data, dokumen serta informasi bersumber dari seluruh OPD,” ujarnya. (c/rah)

Keterbukaan Informasi Publik
Tahun 2020
-Raih Poin 17,76
-Kategori Tidak Informatif
Tahun 2021
-Raih Poin 75,41
-Kategori Cukup Informatif

Lima Kategori Keterbukaan Informasi
-Informatif
-Menuju Informatif
-Cukup Informatif
-Kurang Informatif
-Tidak Informatif

Tinggalkan Balasan