Program Umrah Gratis Bakal Dilanjutkan

KENDARINEWS.COM — Pandemi yang melanda Sultra menyebabkan sejumlah program kerja Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) batal dilaksanakan. Salah satunya, program umrah gratis. Namun seiring dengan dibukanya pintu bagi jamaah umrah asal Indonesia oleh pemerintah Arab Saudi, program umrah gratis berpeluang untuk dilanjutkan.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas mengatakan program umrah gratis masuk dalam program Pemprov Sultra bahkan sempat dianggarkan. Namun karena pandemi, program ibadah ke Baitullah ini tak terealisasi. Kini, pemerintahan Arab Saudi telah memberi izin ibadah umrah.

LUKMAN ABUNAWAS

“Alhamdulillah, ibadah umrah sudah dibuka kembali. Itu artinya, program umrah gratis yang sempat tertunda bakal dilanjutkan. Umrah gratis masuk dalam program andalan AMAN melalui Sultra beriman,” ujar Lukman Abunawas.

Dalam program ini kata dia, pihaknya bekerja sama dengan travel penyelenggaran umrah. Hanya saja, persyaratannya sangat ketat. Setiap jemaah yang akan berangkat, wajib divaksin minimal dua kali. Jenis vaksinnya harus sesuai yang direkomendasikan pemerintah Arab Saudi.

Selain syarat vaksinasi, perlu ada uji testing, tracing, dan treatment (3T) bila ingin mendaftar sebagai peserta penerima umrah gratis Pemprov. Meski anggaran telah disiapkan, waktu pemberangkatan peserta tetap harus melihat kondisi di Arab Saudi. “Dalam pelaksanaan umrah gratis ini kita melihat kondisi, bila memang memungkinkan bisa saja di akhir tahun ini kita berangkatkan,” jelas Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra ini.

Program ini lanjut mantan bupati Konawe dua periode ini, belum terbuka untuk masyarakat umum dan diprioritaskan kepada para imam masjid dan guru mengaji. “Kita tetap prioritaskan imam masjid dan guru mengaji. Jika berminat, bisa mendaftar. Nantinya, para peserta akan mengikuti seleksi,” ujarnya. (c/rah)

Umrah Gratis
2019 Berangkatkan 30 Pemuka Agama
-25 Imam Masjid
-2 Guru Mengaji
-3 Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI)
2020 Batal Akibat Pandemi

Tinggalkan Balasan