Peningkatan Kapasitas KP-SPAMS Konut

Ketua Asosiasi Pengelola SPAMS Pamsimas III Konut, Hargono (duduk, tiga dari kiri) bersama peserta pelatihan penguatan kelembagaan anggota KP SPMAS Konawe Utara. HELMIN TOSUKI / KENDARINEWS.COM

KENDARINEWS.COM-Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) di Kabupaten Konawe Utara (Konut) diberikan penguatan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Kegiatan tersebut dalam upaya mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi di wilayah tanah Oheo.

Ketua Asosiasi Pengelola SPAMS Pamsimas III Konut, Hargono menuturkan program Pamsimas dinilai sukses ketika mampu memberikan pelayanan air minum yang maksimal dan memberi kepuasan kepada seluruh masyarakat pengguna yang menjadi target penerima manfaat Pamsimas di Bumi Oheo.

“Makanya dengan penguatan kelembagaan ini dibutuhkan komitmen, kerja sama dan kekompakan semua elemen masyarakat. Khususnya dalam mendukung keberlanjutan sarana yang dibangun Pamsimas sehingga secara optimal memberikan manfaat bagi masyarakat,”kata Hargono, usai memberikan pelatihan penguatan kelembagaan di Kecamatan Andowia.

Penguatan kelembagaan KP-SPAMS diyakini dapat meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Karena itu sarana hasil kegiatan Pamsimas terus dikembangkan secara berkesinambungan. “Nah, dari 173 desa dan kelurahan di Konawe Utara, sebanyak 72 desa tempat program Pamsimas. Ketika berakhir program Pamsimas di desa akan dikembalikan pada masyarakat untuk pengelolaan dan pemeliharaan pemanfaatan air bersih,” ujar Hargono.

Mantan anggota DPRD Konawe Utara itu menyebut peserta yang tergabung dalam KP-SPAMS diberikan pelatihan dalam memelihara program Pamsimas yang telah diberikan pada masyarakat. Mulai dari pemeliharaan hingga penarikan iuran pada masyarakat agar program Pamsimas terus berkelanjutan. “Termasuk sesama pengurus harus saling menguatkan dan melengkapi dalam melanjutkan program Pamsimas ini,”pungkas Sekretaris DPC Partai Nasdem Konut itu. (min)

Tinggalkan Balasan