Dua Penjambret Kalung Emas di Kolaka Diringkus

KENDARINEWS.COM — Berhati-hatilah saat mengenakan perhiasan emas. Sebab, perhiasan yang nampak dapat menarik perhatian para pelaku kejahatan. Seperti yang dialami oleh Muhammad Asdar (33). Kalung emas 23 karat milik warga Desa Malaha, Kecamatan Samaturu itu dijambret dua pemuda saat sedang menjaga kios.

Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka Aipda Riswandi, mengungkapkan, kejadian tersebut bermula saat korban melayani dua pelaku yang berboncengan sepeda motor yang hendak membeli bensin di kios milik korban. Saat korban akan mengembalikan uang pelaku, salah satu pelaku yang masuk ke kios meminta agar uangnya tersebut tidak dikembalikan karena ia hendak membeli minuman dingin, rokok dan korek gas.

“Ketika korban berhadapan dengan salah satu pelaku untuk memberikan belanjaannya itu, pelaku tersebut langsung menarik kalung emas yang ada di leher korban. Kalung tersebut terputus dan pelaku langsung melarikan diri bersama seorang temannya yang telah menunggu di motor. Akibat kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta,” bebernya.

Dua pelaku jambret Hamsah Salim dan Sarifuddin (duduk) saat diamankan di Mapolres Kolaka. ZULFADLY NUR/KENDARI NEWS

Mendapat laporan tersebut, polisi langsung mendatangi lokasi kejadian dan memeriksa para saksi. Hasilnya, dua pelaku jambret itu berhasil diamankan. “Pelakunya adalah Hamsah Salim (36) merupakan warga Kecamatan Latambaga dan Sarifuddin (24) warga, Kolaka Utara (Kolut). Hamsah yang menarik kalung korban dan Sarifuddin yang membonceng sepeda motor,” bebernya.

Selain mengamankan kedua pelaku, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, sepeda motor yang digunakan saat beraksi dan kalung emas seberat 25,54 gram. “Para pelaku dan barang bukti telah diamankan di Polres Kolaka. Istri para pelaku juga akan diperiksa karena ikut menjual emas curian tersebut,” pungkasnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan