PPP Persiapkan Suharso Monoarfa Jadi Cawapres 2024

Politik


KENDARINEWS.COM — Pemilu 2024 masih tiga tahun lagi. Mesin partai mulai bergerak sejak tahun ini. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bahkan mulai bersiap. Bahkan tengah mempersiapkan sang ketua umum, Suharso Monoarfa, pada Pemilu serentak 2024.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan Suharso Monoarfa untuk menjadi salah satu kandidat calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.
“Kalau ketum PPP mendeklarasikan sebagai cawapres saya kira bajunya pas,” ujar Baidowi dalam diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/10).

Anggota Komisi VI DPR itu mengatakan, PPP di dalam Pilpres 2024 mendatang dapat melengkapi partai nasionalis. Pasalnya, PPP berlatar religius sehingga sangat mudah diterima. “Kami partai Islam dengan partai nasionalis saling melengkapi. Relatif mudah jalannya. Kecuali, kami koalisinya senyawa, misalnya partai yang ber-background agama juga,” katanya.

Pria yang akrab disapa Awiek menegaskan bahwa PPP tidak menutup kemungkinan membangun koalisi dengan Partai Golkar. Apalagi sudah ada usulan jika Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berduet dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menjadi pasangan capres dan cawapres.
“Bagi PPP berkoalisi dengan Partai Golkar terbuka saja. Ketum Golkar dengan ketum PPP, ya bisa saja. Konfigurasi nasionalis Islamnya sudah terpenuhi. Jawa dan luar Jawa sudah terpenuhi. Itu salah satu opsi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Awiek, PPP juga tertarik membentuk tiga poros di Pilpres 2024 mendatang. Seperti berkoalisi dengan Partai Nasdem dan PAN. “PPP tertarik dengan poros ketiga misalkan Nasdem, PAN, dan PPP itu sudah 21 persen. Itu memang memungkinkan koalisi,” tuturnya.

Apalagi untuk mencalonkan pasangan presiden-wapres di Pilpres 2024, partai harus memenuhi ambang batas 20 persen. Sementara PPP hanya memiliki kursi 4,52 persen di parlemen; Nasdem 9,05 persen; dan PAN sebesar 6,84 persen. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *