Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Disita

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Sebagai wilayah kepulauan, perairan Sultra sangat rawan disusupi para penyelundup. Tak heran, Bea Cukai Kendari rutin melakukan operasi. Baru-baru ini, tim Bea Cukai Kendari berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal asal Tiongkok di Sultra. Dari hasil penangkapan, tim unit pengawasan menyita 126.200 batang rokok ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Denny Benhard Parulian mengatakan penindakan berawal dari informasi intelijen tentang adanya pengiriman paket rokok ilegal melalui jasa pengiriman ekspedisi domestik tujuan Kendari. “Tim dari unit pengawasan Bea Cukai Kendari menindaklanjuti dengan melakukan penindakan tanggal 7 Oktober,” ungkapnya, kemarin.

Berdasarkan hasil penangkapan, ditemukan paket kiriman berisikan rokok impor dengan berbagai merek dari Tiongkok yang tidak dilekati dengan pita cukai. Setelah diperiksa, didapati rokok ilegal tersebut berjumlah 126.200 batang. “Jika dirupiahkan, barang tersebut angkanya kurang lebih Rp 225 juta Sementara kerugian yang dialami negara dari sektor cukai, PPN HT, dan Pajak Rokok atas rokok ilegal itu sebesar Rp 140 juta,” ujarnya.

Selama ini, pihaknya seringkali dihadapkan dengan maraknya peredaran rokok ilegal di pasaran. Peredaran rokok ilegal melemahkan fungsi cukai sebagai instrumen untuk pengendalian konsumsi dan peredaran, serta fungsi penerimaan negara. Makanya, pihkanya secara konsisten berusaha memberantas rokok ilegal. Baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

“Dukungan dan peran serta dari masyarakat sangat kami perlukan. Jangan membeli ataupun menjual rokok ilegal. Mari bersama-sama kita gempur rokok ilegal,” pungkasnya. (c/ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *