Modal Awal Rp 3 Miliar, Perumda Kendari Mulai Beroperasi

KENDARINEWS.COM — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kota Kendari resmi beroperasi. Dengan modal awal sebesar Rp 3 miliar, badan usaha milik daerah (BUMD) itu akan menjalankan delapan bidang usahanya. Kehadiran perumda diharapkan bisa mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir berharap perumda bisa mengoptimalkan seluruh potensi yang belum terkelola maksimal selama ini. Ia meyakini perumda di bawah nahkoda Munir Madjid dan Agung Hari Bowo selaku Direktur Utama (Dirut) dan Direktur Operasional bisa memaksimalkan potensi yang ada.

“Perumda ini kami orientasikan untuk menggali sumber daya yang memiliki nilai ekonomi dan bisa berkontribus bagi PAD Kota Kendari. Sehingga kita punya energi baru, punya ruang fiskal baru yang bisa kita gunakan untuk membangun daerah agar palayanan bisa semakin baik,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

SULKARNAIN KADIR

Terpisah, Dirut Perumda Kendari, Munir Madjid mengaku siap mengoptimalkan segala potensi yang ada di Kendari. Munir yakin, support dari Pemkot Kendari akan memudahkan Perumda dalam menjalankan usahanya.

Ia mengakui modal awal yang diberikan dalam menjalankan 8 sektor usaha tak mencukupi. Untuk itulah, ia akan mencari investor untuk menguatkan permodalan serta memprioritaskan (menjalankan) bisnis yang memiliki resiko (butuh) modal paling sedikit.

“Jadi kita harus memilah, antara delapan sektor yang ada mana yang memungkinkan bisa jalan duluan. Dana Rp 3 miliar ini baru dana awal. Bisa jadi kita banyak bekerja sama dengan investor. Kami akan datangkan investor dari luar, baik itu pengusaha lokal maupun nasional. Kami akan kolaborasi untuk membangun kota ini,” kata Munir Madjid. (b/ags)

Tinggalkan Balasan