Kery Pantau Infrastruktur di Kapoiala

Konawe


–Janji Membangun Jalan, Penyeberangan Sungai, dan Rehabilitasi Sekolah


KENDARINEWS.COM — Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kian gencar blusukan di otoritanya. Tak hanya sekadar
meninjau progres pembangunan, Bupati Konawe Kery menyerap aspirasi warga. Setelah memantau akses infrastruktur di Kecamatan Onembute, Bupati Kery kembali blusukan melihat berbagai sarana prasarana (sarpras) pendukung aktivitas warga di Kecamatan Kapoiala. Bupati Kery bertekad memoles Kecamatan Kapoiala.

Lawatan orang nomor satu di Pemkab Konawe itu didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Noor Jannah disambut langsung oleh Camat Kapoiala, Muhammad Shobri Rustam dan seluruh jajarannya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (kanan) didampingi Plt.Kepala Dinas PUPR Konawe, Noor Jannah (dua dari kanan) meninjau progres proyek pengaspalan jalan di Kecamatan Kapoiala. Foto: ADI HIDAYAT / KENDARINEWS

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, Kecamatan Kapoiala merupakan salah satu wilayah terluar di Konawe. Secara administratif, kecamatan tersebut bersebelahan dengan Kabupaten Konawe Utara (Konut). Di Kapoiala, Bupati Konawe dua periode itu berjanji menggenjot pembangunan di wilayah tersebut. Diantaranya, perbaikan jalan, peningkatan akses serta fasilitas penyeberangan sungai, rehabilitasi sekolah, serta support pembangunan rumah ibadah di Kapoiala.

“Termasuk percepatan pencairan honor aparat desa yang bersumber dari alokasi dana desa (ADD) dan dukungan terhadap progres Dana Desa (DD). Itu menjadi agenda perjuangan saya untuk masyarakat Kapoiala. Walaupun Kecamatan Kapoiala terletak di pinggiran terluar Konawe, namun pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) juga harus diprioritaskan,” janji Kery Saiful Konggoasa.

Di tempat yang sama, Camat Kapoiala Muhammad Shobri Rustam berharap kunjungan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menjadi energi positif dalam mendorong kemajuan pembangunan di Kapoiala. Mewakili masyarakat Kapoiala, dirinya mengaku tersanjung atas lawatan tersebut.

“Saya meyakini keinginan bupati membangun Kapoiala pasti akan terwujud dengan cepat dan terlaksana dengan baik. Hadirnya Bupati Konawe adalah bentuk perhatian dan kecintaan yang mendalam terhadap masyarakat Kapoiala. Ini energi positif untuk pembangunan di Kecamatan Kapoiala,” ungkap Muh.Shobri.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Konawe Noor Jannah menerangkan, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengunjungi beberapa titik maupun fasilitas umum. Selain menilik dermaga penyeberangan pincara di Kapoiala, mantan Ketua DPRD Konawe itu juga melihat akses jalan yang memerlukan perbaikan serta kondisi bangunan sekolah dasar negeri (SDN) Labotoy. “Jadi itu titik-titik yang dikunjungi bupati. Pekerjaan Rumah (PR) kami di Dinas PUPR yaitu pengaspalan jalan di ruas Labotoy-Kapoiala sekira 3 km,” ungkap Noor Jannah.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Konawe itu menambahkan, selain peningkatan kualitas jalan di Kapoiala, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa juga berencana membangun terminal penyeberangan sungai yang lebih representatif bagi penduduk yang hendak bepergian ke kawasan lingkar tambang di Kecamatan Morosi. Meski bukan tugas Dinas PUPR melainkan Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe, Noor Jannah membeberkan, terminal penyeberangan sungai tersebut nantinya include dengan dermaga serta dilengkapi beberapa fasilitas pendukung lain sehingga lebih safety untuk dipergunakan masyarakat.

“Itu nanti digunakan sebagai penyeberangan motor. Fungsinya nanti sebagai terminal bagi masyarakat umum maupun karyawan yang bekerja di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI),” tambahnya.

Lanjut Noor Jannah, SDN Labotoy juga menjadi titik kunjungan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Bupati Konawe dua periode itu melihat langsung aktivitas pembelajaran siswa di sekolah tersebut yang digelar secara tatap muka. Bangunan gedung sekolah tersebut menurut Bupati Kery masih cukup bagus. Hanya saja, beberapa fasilitas masih perlu dilengkapi guna menunjang kegiatan pembelajaran para siswa didik.

“Mebelnya masih kurang. Itu yang jadi koreksi bupati. Tapi itu melekat di Dinas Dikbud Konawe. Kalau kami di PUPR hanya pengaspalan diruas Labotoy-Kapoiala. Saat ini kita sudah aspal sebagian, yang belum itu mulai dari ruas jalan di tugu sampai ke dermaga pincara,” tandas Sekretaris Dinas PUPR Konawe itu. (adi/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *