2.282 Nakes di Kendari Telah Disuntik Booster

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Tidak hanya mengejar herd imunity, Pemkot Kendari juga fokus memberikan vaksin covid-19 ketiga atau booster terhadap tenaga kesehatan (nakes). Upaya ini untuk melindungi nakes dari penularan virus yang menyerang sistem pernapasan itu. Sejauh ini, sebanyak 2.282 Nakes telah disuntik booster.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, pemberian vaksin booster sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes nomor HK.02.01/1/1919/2021. Vaksinasi dosis ketiga diperuntukan bagi nakes, asisten nakes dan tenaga penunjang yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Faskes).

“Sudah ada aturannya bahwa nakes harus divaksin booster. Pertimbangannya karena mereka berhadapan langsung dengan masyarakat umum dan beresiko tertular Covid-19,” kata Rahminingrum, kemarin.

Di Kendari, sasaran penerima booster sebanyak 4.151 nakes. Dari jumlah itu, sekitar 54,97 persen telah menerima suntikan vaksin ketoga atau 2.282 nakes.

Rahminingrum berharap para nakes yang ada di seluruh faskes untuk segera mendapatkan vaksin booster mengingat pemberiannya sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. Terlebih booster yang akan diberikan adalah vaksin jenis Moderna RNA-1273 yang memiliki efikasi lebih tinggi jika dibandingkan merek vaksin yang sama dengan dosis pertama dan kedua.

Seorang Nakes memeriksakan kondisi kesehatannya sebelum mendapatkan vaksin booster Covid-19. Pemberian vaksin dosis ketiga sangat penting untuk melindungi nakes dari penularan virus corona. AGUS SETIAWAN/KENDARINEWS

“Untuk booster, setiap nakes terima vaksin moderna sebanyak 0,5 ml. Itu sudah cukup untuk menyempurnakan vaksin sebelumnya. Sehingga perlindungannya semakin maksimal,” kata Rahminingrum.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kendari, dr.Algazali Amirullah mengatakan pemberian vaksin dosis ketiga terhadap nakes adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap nakes dan bagian dari upaya percepatan penanganan virus corona. “Nakes harus mendapatkan perlindungan karena mereka yang berjuang menangani pasien yang terpapar covid. Jika nakes kita ikut terpapar, sudah pasti akan menghambat proses penanganan dan semakin memperparah keadaan,” kata Algazali.
Atas dasar itulah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari ini mengimbau kepada seluruh nakes untuk berpartisipasi dalam pemberian booster kali ini. Supaya bisa terlindungi dan bisa beraktifitas seperti biasa. “Stoknya juga masih banyak. Tapi yang di booster adalah nakes. Khusus warga hanya diperuntukkan untuk pemberian dosis tahap pertama dan kedua saja,” kata dr Algazali. (b/ags)

Vaksinasi Nakes
-Target 4.151 Orang
-Terealisasi 5.585 Orang (134,55 Persen)
-Booster 2.282 Orang

Vaksin III Jenis Moderna
Efikasi Lebih Tinggi Dibandingkan Vaksin I dan II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *