Bupati Belum Temukan Inovasi Ekonomi Kerakyatan

Muna
LAUNCHING: Bupati Muna LM. Rusman Emba membuka pelatihan kepemimpinan administrator angkatan ke V tahun 2021, kemarin. (LA ODE ALFIN/KENDARI POS)

KENDARINEWS.COM– 14 pejabat lingkup Pemkab Muna meluncurkan aksi perubahan peningkatan kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) saat pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) angkatan V, kemarin. Kegiatan yang digagas Pemkab Muna dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sultra mendorong peserta agar mampu melakukan inovasi yang aplikatif dan bermanfaat konkret bagi daerah. Di hadapan Bupati Muna, LM. Rusman Emba, mereka menyampaikan inovasi yang diciptakan.

Rusman Emba menguraikan, inovasi-inovasi yang digagas peserta itu cukup aplikatif. Hanya saja, ia belum menemukan inovasi yang bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Muna. Mayoritas inovasi hanya berkutat pada penataan administrasi ataupun pembenahan sistem.

“Padahal kita berharap ada inovasi yang bersifat melahirkan produk dan pada akhirnya dapat dinikmati masyarakat untuk meningkatkan ekonominya,” paparnya.

Ia menambahkan, kendati demikian, keikutsertaan dalam Diklatpim III itu sudah cukup membantu menyiapkan pejabat yang kompeten. Namun ia juga berharap, peserta tidak mudah berpuas diri sebab masih banyak tantangan lebih besar kedepannya. Inovasi harus terus tumbuh dari pejabat pelayan masyarakat.

“Masih perlu ditingkatkan kemampuannya karena perjalan masih sangat panjang,” papar mantan ketua DPRD Sultra itu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kabupaten Muna, Sukarman Loke, menuturkan, peserta Diklatpim III itu berasal dari golongan III C dengan usia pensiun diatas lima tahun. 14 pejabat itu antara lain saat ini menempati jabatan kepala bidang, kepala bagian hingga Camat. Setelah pelatihan, mereka sudah dapat mengikuti lelang jabatan tinggi pratama untuk menduduki kursi kepala dinas.

“Jadi 14 peserta ini adalah generasi pemimpin OPD kedepannya. Meskipun itu bukan jaminan, tergantung kinerja dan penilaian pimpinan,” urainya. (Ode/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *