4 Kali Raih WTP, Butur Dapat Dana Insentif Rp 3,2 Miliar

Buton Utara
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Butur, Harmin Hari

KENDARINEWS.COM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) berhasil meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) empat kali berturut-turut dan nilai baik pada sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Atas capaian itu, daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara itu mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat. Otorita yang dipimpin Bupati, Muh. Ridwan Zakariah itu mendapatkan suntikan dana insentif daerah (DID) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2022 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Butur, Harmin Hari, mengungkapkan, DID merupakan salah satu dana transfer umum dari Kementerian Keuangan yang dialokasikan untuk memberikan insentif atau penghargaan pada daerah yang kinerja pada bidang tata kelola keuangan, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik dan kesejahteraan masyarakat, cukup baik. Pemberian DID untuk mendorong peningkatan kinerja Pemerintah Daerah dan mendukung pemulihan dan penguatan ekonomi daerah.

“Butur mendapatkan DID sebanyak Rp 3,2 miliar tahun 2022 mendatang,” ujar Harmin Hari saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/10). Mantan Wakil Bupati Butur itu menjabarkan, penggunaan DID tersebut rencananya akan diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama infrastuktur, pengembangan sumber daya manusia dan pemulihan ekonomi.

Olehnya, Pemkab Butur terus berikhtiar menghadirkan prestasi dan memperhatikan apa telah diraih. “Kita berharap apa yang telah dicapai Pemkab Butur akan dipertahankan, terutama pelaporan penyajian keuangan daerah mendapatkan WTP dan kategori SAKIP bisa meningkat,” tandasnya. (b/had)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *