PDRB Membaik, UMK 2022 Berpeluang Naik

Ekonomi & Bisnis
Kabid Perselisihan Bidang Industrial dan Jamsostek Dinas Perindustrian Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kendari, Susianti Hafid (Foto: Agus Setiawan/Kendari Pos)


KENDARINEWS.COM– Ada kabar gembira bagi para pekerja di Kota Lulo. Tahun depan, Upah Minimum Kota (UMK) Kendari diprediksi mengalami peningkatan. Sinyal adanya kenaikan UMK ini terlihat dari hasil rapat pertama Dewan Pengupahan Kota Kendari. Dalam rapat itu, indikator yang bisa mendongkrak UMK mengalami peningkatan.

Kabid Perselisihan Bidang Industrial dan Jamsostek Dinas Perindustrian Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Kendari, Susianti Hafid mengatakan, ada peluang kenaikan UMK menimbang kondisi perekonomian daerah yang mulai membaik tercermin dari PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Sultra yang menunjukkan pertumbuhan serta kondisi inflasi yang masih dalam kategori terkendali.

Kendati demikian, penetapan UMK masih menunggu hasil rapat dewan pengupahan kedua. Sesuai jadwal, rapat ini diagendakan akan digelar akhir Oktober 2021. Dewan Pengupahan tentu akan mempertimbangkan kondisi ekonomi daerah serta beberapa masukan dari para pemberi kerja (pengusaha).

“Penetapannya (UMK) tidak serta merta dinaikan atau diturunkan. Masih akan dibahas. Yang jelasnya, kami upayakan hak karyawan ini tidak mengalami penurunan,” kata Susianti, kemarin.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berharap UMK diotoritanya bisa naik agar bisa meningkatkan kesejahteraan pakerja dan menjaga keberlangsungan usaha. “Saya percayakan semua kepada dewan pengupahan agar benar-benar memutuskan secara adil. Supaya pekerja tidak dirugikan. Begitupun bagi pelaku usaha. Yang terpenting tetap merujuk pada aturan yang berlaku,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *