Diduga Melanggar, Izin Lingkungan PT GMS Bakal Dikaji Ulang

Konawe Selatan
Wakil Bupati Konsel, Rasyid (FOTO : DOKUMEN KP)

KENDARINEWS.COM– Keberadaan dan aktivitas PT Gerbang Multi Sejahtera (GMS) yang beroperasi di Desa Sangi-sangi, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terus menjadi sorotan.

Dugaan pelanggaran izin lingkungan dialamatkan pada perusahaan yang bergerak pada bidang pertambangan tersebut. “Kami tidak akan menutup mata terkait masalah pencemaran lingkungan di Laonti. Kami akan turun langsung tinjau, terutama masalah dokumen izin Amdalnya. Juga izin lingkungan yang masuk wilayah darat yang dikeluarkan kabupaten, sekaligus mengecek sedimen pond dan penampungan limbahnya,” tegas Wakil Bupati Konsel, Rasyid.

Jika dokumen dan administrasi perusahaan itu tidak lengkap, maka menurut Konsel-2 itu, pihaknya akan melakukan telaah dan menerbitkan rekomendasi untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat. Termasuk masalah penerbitan izin dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang diduga masih belum lengkap. “Kemudian masalah proses izin yang telah diterbitkan DLH Konsel, akan saya review kembali. Kalau memang ada maladministrasi, maka konsekuensinya akan ditanggung si pemberi izin itu,” ancam Rasyid. (b/kam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *