Polda Gandeng APIP dan APH

Hukum & Kriminal
Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya

Dalam Menangani Dugaan Korupsi di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID– Tak ada kata kompromi pada penanganan perkara hukum. Apalagi yang berhubungan dengan kasus dugaan korupsi. Kendati begitu, Polda Sultra tak ujuk-ujuk langsung memperkarakan. Tapi harus melewati prosedur. Sebagai penegak hukum, Polda Sultra tak ingin gegabah. Terlebih temuan yang masih sebatas laporan administrasi.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya mengatakan siap berkolaborasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) maupun Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam penanganan perkara dugaan korupsi. Dalam penanganan perkara, pihaknya akan meminta pertimbangan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) maupun Aparat Penegak Hukum (APH).

Laporan yang masuk lanjut jenderal bintang dua ini, tidak serta merta akan ditindaklanjuti. Apalagi laporan administrasi yang sifatnya masih debatable. Sebab bisa saja, laporan yang masuk masih menjadi domain APIP. Pada dasarnya, pihaknya tetap berupaya mengedepankan upaya preventif.

“Ketika itu bisa ditangani APIP, nanti akan ditangani secara persuasif. Kalau tidak bisa, ranah hukum yang diberlakukan. Polda Sultra mendukung percepatan pengaduan masyarakat sejak tahap penerimaan aduan, diproses penyelidikan dan penyidikan terkait dugaan kasus tindak pidana korupsi,” tandasnya dalam seminar penanganan perkara tindak pidana korupsi melalui sistem informasi terpadu di Hotel Claro Kendari, Senin (4/10).(ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *