Lulusan UHO dan SMKN 2 Kendari Ikut Program EDP dan PTPL

Foto Bersama Putra – putri, terbaik asal Sulawesi terpilih mengikuti program Engineering Development Program (EDP) batch 9 dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL) batch 6 bersama managemen PT DSSP Power Kendari. (Foto : Humas PT DSSP Power Kendari)

KENDARINEWS.COM– Puluhan putra – putri, kandidat terbaik asal Sulawesi terpilih mengikuti program Engineering Development Program (EDP) batch 9 dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL) batch 6 yang digelar PT DSSP Power Kendari.

Program EDP tujuannya, memberikan kesempatan bagi lulusan perguruan tinggi untuk dididik dan dilatih menjadi Foreman atau Engineering Assistant. Sedangkan PTPL adalah program bagi lulusan SMK untuk dididik dan dilatih untuk dapat menjadi Operator atau teknisi. Dengan berjalannya program ini, pemberdayaan masyarakat di daerah pembangkit khususnya Sultra dan Sulawesi pada umumnya, dapat terus berjalan.

“Hal ini sebagai wujud nyata dan komitmen perusahaan mengembangkan masyarakat di sekitar lokasi pembangkit. Orientasinya pada pemberdayaan masyarakat,” kata Direktur PT DSSP Power Kendari, Awaludin Latif, kemarin.

Dikatakannya, PT DSSP Power Kendari adalah perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2 x 50 MW. Berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan. Mensuplai kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Tenggara melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara – Sulawesi bagian Selatan.

Ia menambahkan, pemberdayaan ini merupakan buah kerjasama antara perusahaan dengan beberapa institusi pendidikan. Diantaranya Universitas Halu Oleo dan SMKN 2 Kendari. “Sehingga dari sekian banyak pelamar, perusahaan fokus pada putra – putri daerah Sulawesi Tenggara dan sekitarnya, sehingga akhirnya terpilih 22 orang kandidat terbaik asal Sulawesi,” ujarnya.

Pada proses rekrutmen, lanjutnya, kedua program tersebut mendapatkan animo peminat yang sangat tinggi. Terlihat, lebih dari jumlah pelamar di seluruh Indonesia yang jumlahnya 10.000.

“Program EDP dan PTPL sudah dilakukan oleh perusahaan sejak tahun 2016, dan hingga kini tercatat sudah lebih dari 191 jenolan program EDP & PTPL, sudah ditempatkan di grup perusahaan,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para peserta EDP & PTPL diharapkan menjadi calon pemimpin perusahaan di masa mendatang. Dan untuk mencapai hal tersebut, perusahaan sudah menyiapkan pendidikan dan pelatihan.

“Untuk memenuhi standard kompetensi dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, para peserta juga akan diberikan sertifikasi kompetensi sesuai aturan dari Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral,” paparnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan