Karantina Kendari-PDHI Sultra Gelar Vaksinasi Rabies

Sekot Kendari, Nahwa Umar (podium) memberi sambutan pada pelaksanaan vaksinasi rabies di kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari, Senin (4/10). (FOTO : I NGURAH PANDI SENTOSA)

KENDARINEWS.COM — Memperingati Hari Rabies Sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada 28 September, Balai Karantina Pertanian Kendari bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sultra menggelar vaksinasi rabies gratis. Bertempat di pelataran kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari, Senin (4/10).

Tema Hari Rabies Sedunia pada tahun 2021 ini adalah “Rabies: Fact, Not Fear”. Menyasar anjing dan kucing peliharaan yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari. Mengusung tagline #Ayomi kita vaksin rabies anjing & kucing kita, kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat terlibat bebaskan Sultra utamanya Kendari, dari ancaman Rabies.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Kendari, N Prayatno Ginting. Menurutnya hari Rabies Sedunia ini jadi momentum yang paling berharga. Menyosialisasikan vaksinasi rabies pada hewan, khususnya kucing dan anjing. “Mudah mudahan 2030, Sulawesi Tenggara bebas dari ancaman rabies,” ungkapnya.

Ketua PDHI cabang Sultra, drh. Putu Nara Kusuma Prasanjaya mengatakan kegiatan ini sebagai langkah strategis membebaskan Bumi Anoa dari ancaman rabies. Peserta yang terlibat yakni 200 ekor, terdiri dari anjing dan kucing. “Kita harap program ini bisa berjalan lancar dan berkelanjutan,” ujarnya.

Sekda Kota Kendari, Nahwa Umar mengapresiasi vaksinasi rabies gratis yang digelar Balai Karantina Pertanian Kendari bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia.

Penanganan rabies, katanya, harus ditangani secara serius. Lintas sektoral wajib ambil peran. “Mulai dari instansi terkait hingga masyarakat harus terlibat aktif, membebaskan kota Kendari dari ancaman rabies,” pungkasnya sekaligus membuka kegiatan. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan