Vaksin BCG Kosong, Dinkes Arahkan Imunisasi Dasar ke Klinik Swasta

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Stok vaksin BCG (Bacille Calmette Guerin) di Kota Kendari masih kosong. Hingga kini, Pemkot Kendari belum menerima suplai dari pemerintah pusat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra. Padahal vaksin BCG sangat penting melindungi bayi dari resiko tertular virus atau bakteri penyakit.

Kepala Dinkes Kendari, drg.Rahminingrum mengungkapkan stok vaksin BCG milik pemerintah telah kosong sejak Januari lalu. Makanya, cukup banyak bayi belum mendapatkan imunisasi dasar. Untuk itulah, ia menyarankan orang tua yang memiliki bayi agar membawa anaknya ke klinik swasta untuk mendapatkan vaksin BCG.

“Yang memiliki kemampuan, mungkin bisa membawa bayinya ke klinik swasta untuk divaksin. Stok vaksin (BCG) di fasilitas kesehatan (faskes) milik pemerintah kosong sejak Januari. Itu penting dalam rangka melindungi bayi dari penularan virus penyakit sehingga bisa memastikan bayi bisa sehat dan tumbuh dan berkembang dengan baik,” ungkap Rahminingrum kemarin.

drg. Rahminingrum

Agar bayi tetap terjaga imunitasnya, Rahminingrum menyarankan para orang tua memberikan asi eksklusif kepada bayinya sembari menunggu stok vaksin BCG dari pemerintah.

“Saya minta masyarakat tetap bersabar. Kami terus mengupayakan pengadaan vaksin. Hanya saja memang saat ini produksi vaksin BCG sedikit terganggu karena Bio Farma tengah fokus memproduksi vaksin untuk penanganan Covid. Jika sudah ada stoknya, kami akan segera salurkan,” kata Rahminingrum. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *