Tender Tuntas, Pengerjaan RS Type D Kendari Segera Dimulai

Metro Kendari


-Dewan Siap Kawal Pembangunannya

KENDARINEWS.COM — Setelah melalui proses panjang, tender proyek pembangunan Rumah Sakit (RS) type D Kota Kendari akhirnya dirampungkan. Rencananya, pengerjaan konstruksi RS plat merah ini akan dimulai bulan Oktober ini. Dengan tambahan fasilitas kesehatan (Faskes) ini, layanan kesehatan bagi warga metro bisa terpenuhi.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan akan mengebut pembangunan RS. Sebab proyek ini bagian program pemulihan ekonomi daerah harus segera dilaksanakan. Makanya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta proyek pembangunan RS yang berlokasi di Puuwatu tak boleh ditunda-tunda.

SULKARNAI KADIR

“Ini harus segera dilaksanakan supaya bisa cepat terserap. Karena ini adalah stimulan bagi daerah. Makanya, kami minta proses tendernya dipercepat,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Di sisi lain, pembangunan RS type D penting dilakukan untuk mendukung rumah sakit yang ada sebelumnya. RS type D nantinya akan diperuntukkan khusus bagi pasien yang terpapar Covid-19 maupun pasien yang terpapar virus lainnya.

“Kalau kita punya dua RS, kita bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Misalnya jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, bisa kita fungsikan salah satunya, khusus untuk menangani penyakit khusus akibat virus dan satunya bisa menangani penyakit umum,” kata Sulkarnain Kadir.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra ini menambahkan, pihaknya sengaja mendesain rumah sakit sesederhana mungkin (minimalis) namun tetap mungutamakan kenyamanan masyarakat yang datang berobat.

“Konsepnya minimalis, dekorasi rumah sakit kita buat sederhana. Dibuat tiga lantai, satu lantainya dibangun kebawah. Kebetulan juga pembangunannya di Kawasan Puuwatu disamping Kantor KPU Sultra. Disana lingkungannya masih asri, masih hijau. Jadi kita akan buat pasien merasa nyaman. Kalau mereka nyaman pasti akan cepat sembuh,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kendari La Ode Rajab Jinik menyambut baik pembangunan RS type D di Kawasan Puuwatu. Menurutnya, pembangunan penting dilakukan untuk menambah jumlah fasilitas kesehatan (faskes) daerah sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik. “Kita dukung dan akan kawal pembangunannya. Ini demi kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kota Kendari,” kata Rajab. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *