Sulkarnain Optimis Lahundape ke Pentas Nasional

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Lomba kelurahan tingkat Provinsi Sultra baru saja menyelesaikan tahap penilaian. Hasilnya, ada dua kelurahan yang berpeluang mewakili Sultra pada tingkat nasional. Salah satunya adalah Kelurahan Lahundape Kota Kendari. Lolosnya Lahundape tak lepas inovasi layanan pengelolaan administrasi kelurahan yang berbasis IT.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir optimis Kelurahan Lahundape bisa mewakili Sultra pada lomba kelurahan tingkat nasional tahun ini. Itu tak lepas dari keberhasilannya memenuhi seluruh aspek penilaian seperti dari sisi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

“Penilaian dan evaluasi pada lomba kelurahan sangat baik karena bisa memacu pihak kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kita berharap yang terbaik. Mudah-mudahan Kelurahan Lahundape bisa mengharumkan nama daerah di tingkat nasional,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Tim penilai lomba kelurahan tingkat Provinsi Sultra tengah mengakses layanan digital Kelurahan Lahundape. Berkat inovasi dan kreatifitas, Lahundape diyakini bisa mewakili Sultra pada ajang lomba kelurahan tingkat nasional tahun ini.

Senada, Asisten I Bidang Administrasi Pemkot Kendari Susanti tak kalah yakinnya Lahundape dapat meraih peringkat terbaik di lomba tahun ini. Sejauh ini, pihaknya telah bekerja keras mewujudkan tata pemerintahan kelurahan yang baik dan melayani. Salah satunya melalui inovasi manajemen pengelolaan administrasi kelurahan yang berbasis IT. Inovasi ini sejalan dengan visi Wali Kota yakni menjadikan Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi.

“Ke depannya kami berharap partisipasi Kelurahan Lahundape dalam perlombaan ini dapat menciptakan motivasi, kreasi dan inovasi pembangunan di 65 kelurahan yang ada di kota Kendari, kata Susanti.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Sultra, Laode Fali Awaludin mengungkapkan, penilaian dua kelurahan telah tuntas. Pihaknya kini masih mendiskusikan desa/kelurahan mana yang layak mewakili Sultra. Meski begitu, ia berharap Kota Kendari menjadi perwakilan Sultra dalam pada lomba kelurahan tingkat nasional tahun ini.

“Lomba kelurahan tingkat provinsi ini hanya diwakili dua kelurahan yang pertama dari Buton Utara dan yang kedua dari Kota Kendari. Mudah-mudahan sesuai dengan penilaian objektif tim. Saya pun tidak bisa mengintervensi karena ini di lakukan secara profesional dan kita berdoa mudah-mudahan Kota Kendari bisa mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara,” pungkasnya. (b/ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *