Bupati Kolaka : Jaga Kebhinekaan dan Toleransi

Kolaka

KENDARINEWS.COM — Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kolaka terus berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya. Korps Bhayangkara yang saat ini dipimpin AKBP Saiful Mustofa tersebut menggelar diskusi dan deklarasi damai untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kolaka dan Koltim. Ia berharap, melalui kegiatan tersebut maka kebhinekaan dan toleransi di dua daerah tersebut tetap terjaga. “Kebhinekaan dan toleransi di Kolaka dan Koltim sudah berlangsung baik. Agar kondisi itu tetap terjaga maka mari kita memperkokoh kerukunan dalam bingkai kebhinekaan NKRI, mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan masalah sosial, saling menghormati dan menghargai perbedaan adat dan suku,” pesannya, Rabu (29/9).

Perwira dengan dua melati di pundak tersebut juga mengingatkan seluruh pihak untuk tidak terpengaruh provokasi pemberitaan tidak benar yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ia juga mengingatkan agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum seperti anarkisme, intoleransi, radikalisme, dan terorisme. “Mari berperan dalam mendukung penegakan hukum demi terciptanya kamtibmas,” ajak Saiful.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat menandatangani deklarasi damai di Polres Kolaka,

Sementara itu, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, mengatakan, untuk menjaga Kamtibmas harus meningkatkan rasa kebersamaan dan tidak merasa lebih baik dari orang atau kelompok lain. “Jangan kembangkan kata hanya, seperti hanya kami atau hanya saya. Kita harus hilangkan itu,” bijaknya. Menurut Safei, untuk menjaga toleransi, maka harus selalu memahami satu sama lain dan berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat. Kegiatan deklarasi damai tersebut juga dihadiri Plh Bupati Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, pimpinan Forkopimda, serta tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Kolaka. (b/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *