24 Desa di Koltim akan Nikmati Internet Gratis

Kolaka Timur


KENDARINEWS.COM — Bantuan perangkat jaringan internet dialokasikan pada 24 desa di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Program internet gratis tersebut akan direalisasikan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kepala Dinas Kominfo Koltim, I Nyoman Abdi, mengungkapkan, 24 desa yang mendapat bantuan internet gratis tersebut tersebar pada sejumlah daerah terpencil atau masih belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

“Bantuan akses internet gratis akan dipasang pada beberapa kecamatan. Seperti di Desa Awiu, Taore, Kecamatan Aere, dan di Kecamatan Lambandia ada Desa Bou, serta Wundubite di Kecamatan Poli-Polia,” jelas Mantan Sekdis Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Koltim tersebut, Selasa (28/9).

I Nyoman Abdi

I Nyoman Abdi menambahkan, 24 unit perangkat jaringan internet tersebut akan menyerap anggaran hingga Rp 5 miliar dari APBN. Kontrak kerja infrastruktur internet gratis akan berlangsung sejak tahun 2021 ini hingga Desember 2024. “Setiap desa akan mendapat alokasi kecepatan internet 1,5 untuk download dan upload 0,5 megabyte. Kalau sudah terpasang, masyarakat dapat memanfaatkannya untuk hal bermanfaat dan komunikasi dengan keluarga yang jauh. Pengadaan ini kami yang mengusulkan ke Kementerian Kominfo RI. Semoga seluruh daerah di Koltim nantinya bisa mengakses internet,” pungkas Nyoman Abdi. (c/kus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *