Pengamat Politik : KSK Tertinggi Elektabilitas Cagub Sultra

HEADLINE NEWS

KENDARINEWS.COM — Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra digelar 2024 mendatang. Bursa calon Gubernur (Cagub) Sultra mulai mengemuka. Beberapa tokoh perwakilan daratan maupun kepulauan di Bumi Anoa mulai bermunculan menggaet simpati masyarakat. Dari sekian figur yang diisukan bakal bertarung di Pilgub Sultra mendatang, nama Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) dinilai memiliki elektabilitas tertinggi dibanding calon lainnya.

Kery Saiful Konggoasa

Pengamat Politik Universitas Halu Oleo (UHO), DR Muhammad Najib Husain menilai, Kery Saiful Konggoasa berhasil membuat masyarakat terkesima dengan gerakan roadshow-nya di beberapa kabupaten/kota se-Sultra sebagai kandidat cagub. Alhasil dengan masifnya pergerakan itu membuatnya kian dikenal dan memiliki elektabilitas teratas dibanding figur cagub lainnya.

Najib Husain

“Dari hasil survei internal yang kami lakukan, sampai hari ini elektabilitas Kery Saiful Konggoasa belum tertandingi,” ujar DR Muhammad Najib Husain, Jumat (24/9).

Najib Husain mengemukakan, di titik-titik dukungan masyarakat seantero Sultra, hanya ada dua nama kandidat yang intens bergerak dan menjumpai masyarakat. Selain nama Kery Saiful Konggoasa, mantan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR).

“Untuk kota Kendari, elektabilitas tertinggi juga masih dipegang KSK menyusul Lukman Abunawas (LA) dan Hugua,” tambahnya.

Yang menarik, lanjut Najib Husain, dominasi Kery Saiful Konggoasa juga terjadi di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Sultra. Katanya, Kery memang tak memegang kendali Partai Amanat Nasional (PAN), namun pengaruhnya melebihi Abdurrahman Saleh (ARS) yang notabenennya menjabat Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Sultra.

“Gerakan KSK lebih dominan dibanding legalitas formal ARS sebagai ketua partai,” ungkap Najib Husain.

Senada dengan mantan Sekretaris Umum (Sekum) PAN Sultra Sabaruddin Labamba. Ia mengatakan, Kery Saiful Konggoasa memang memiliki pengaruh kuat di partai berlambang matahari terbit tersebut. Hal itu ditandai dengan kehadiran secara khusus Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN Eddy Soeparno di posko pemenangan KSK di Puuwatu, Kendari, pekan lalu. Sabaruddin Labamba berpandangan, walaupun Eddy Soeparno melakukan pertemuan resmi dengan DPD PAN Konawe, namun kehadiran Sekjen PAN tersebut oleh sebagian kalangan diartikan sebagai isyarat restu DPP PAN kepada Kery Saiful Konggoasa pada pentas pilgub Sultra 2024 mendatang.

“Kehadiran Sekjen PAN di posko KSK saya kira adalah isyarat dukungan cagub sekaligus isyarat DPP agar KSK lebih membesarkan PAN di Sultra. Elektabilitas Kery Saiful Konggoasa yang begitu tinggi nampaknya meyakinkan para pengurus DPP,” tuturnya. (adi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *