Distan Kendari Kerahkan 95 Tenaga Penyuluh Pertanian

Metro Kendari

KENDARINEWS.COM — Meski luas lahan terbatas, Pemkot Kendari tetap memberi perhatian di sektor pertanian. Berbagai cara telah dilakukan untuk meningkatkan produktivitas petani. Tidak hanya menyalurkan bantuan pupuk, benih dan peralatan mesin pertanian (alsintan), pemerintah turut melakukan pendampingan. Sejauh ini, pemerintah telah mengerahkan 95 penyuluh pertanian.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari, Sitti Ganef mengatakan kehadiran penyuluh pertanian sangat penting dalam rangka meningkatkan wawasan petani sehingga bisa produktif, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tenaga penyuluh yang disiapkan adalah mereka yang berpengalaman dibidang pertanian dan telah terdaftar di Kementerian Pertanian.

ILUSTRASI INDUSTRI PANGAN PERTANIAN

“Kami upayakan terus agar petani di Kota Kendari yang saat ini jumlahnya sudah menyentuh 11 ribu petani bisa mendapatkan pendampingan secara baik. Mereka akan diajarkan bagaimana cara bercocok tanam yang bail agar hasil panennya memiliki kualitas yang baik dan melimpah,” kata Sitti Ganef, kemarin.

Selain menyiapkan tenaga penyuluh pertanian, pihaknya juga berupaya menyiapkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) seperti hand traktor, cultivator, serta benih tanaman sayur dan buah-buahan, hingga benih untuk sektor peternakan.

“Termasuk yang paling penting sektor pemasaran, bagaimana produk petani bisa dipasarkan dan laku dimasyarakat umum. Kita harap semua produksi petani memiliki pansa pasar yang jelas. Saat ini, kita punya produk Owoha yang merupakan brand Kota Kendari. Kemudian ada juga pasar mobile setiap hari Jumat. Dengan demikian, saat ini pasarnya sudah cukup jelas,” tutup Sitti Ganef (b/ags)

Peningkatan Produksi Pertanian
-Pemberian Bibit dan Pupuk
-Penyaluran Alsintan (Hand Traktor, Cultivator)
-Kerahkan 95 Penyuluh Pertanian
-Bantu Pemasaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *