Diabaikan Pemerintah, Warga Blokade Jalan Poros Baruga

Blokade jalan tepatnya di depan SMAN 5 Kendari, sekitar 150 meter dari jalan yang rusak parah di Kecamatan Baruga

KENDARINEWS.COM–Warga Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari terpaksa memblokade Jalan Mayjen Katamso atau lebih tepatnya Jalan yang berada dibilangan SMAN 5 Kendari. Penyebabnya karena Pemerintah Provinsi Sultra hingga saat ini tak kunjung memperbaiki ruas jalan yang menghubungkan Kota Kendari dengan beberapa Kabupaten di Sultra itu.

Berdasarkan pantauan Kendari Pos, Sabtu 25/09/2021, dibadan jalan tersebut terpampang papan bertuliskan “Buta Hati, Mati Rasa! Pemerintah Dimana Hati Nuranimu Terkait Tanggung Jawabmu Terhadap Rakyat dan Kepentingan Umum,” tulis Warga.

Ditempat yang sama, salah satu pengendara yang melintas bernama Gerson mengaku setuju dengan penutupan jalan tersebut. Pasalnya jika dibuka kata dia, jalan tersebut tak sedikit menelan korban, mulai materi (kendaraan yang rusak) hingga korban jiwa.

“Itu lubangnya sudah hamipirmi satu meter dalamnya. Kemarin saat saya melintas ada orang yang tercebur didalamnya,” kata Gerson.

Ditempat yang sama sama, salah satu warga Baruga bernama Bojes mengaku jalan yang berada tepat di depan SMAN 5 Kendari itu sudah rusak sejak beberapa tahun terakhir.

“Pemerintahan hanya datang timbun sedikit baru di biarkan lagi. Maunya kasian diaspal supaya bagus dan jangan merugikan warga,” kata Bojes.

Sebelumnya, Camat Baruga Saldi tak menampik jika ada beberapa meter kerusakan di Jalan Mayjen Katamso. Menurutnya, kerusakan terjadi akibat ukuran drainase yang terlalu kecil. Kondisi itu diperparah dengan pedangkalan yang terjadi. Akibatnya ketika diguyur hujan, air dari drainase meluap ke jalan yang menyebabkan genangan dan mudah merusak struktur aspal jalan raya.

“Saya kordinasi dengan penanggung jawabnya. Memang sudah beberapa kali dibenahi, ditempel tapi rusak terus. Kami harap penemerintah provisnsi segera membenahi agar tidak terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa,” kata Saldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Sultra Burhanuddin mengaku telah menerima laporan dari masyarakat terkait kerusakan Jalan Mayjen Katamso diwilayah Kecamatan Baruga. Ia berjanji dalam waktu dekat akan melakukan perbaikan konstruksi jalan sehingga bisa menjamin kelancaran trasportasi masyarakat.

“Kita anggarkan dulu di APBD-P (Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Jadi nanti bukan lagi kita aspal, tapi kita mau beton. Saya minta masyarakat untuk bersabar dulu karena semua ada prosesnya,” kata Burhanuddin. (ags)

Tinggalkan Balasan