Ini Keuntungan Bertanam Secara Hidroponik

Knowledge

KENDARINEWS.COM — Di daerah perkotaan bercocok tanam secara hidroponik tentu tidak asing lagi. Itu dapat kita lihat di kawasan perumahan, warga menanam berbagai sayuran hanya memanfaatkan pipa paralong yang dialiri air yang berisi nutrisi bagi tanaman. Terbatasnya lahan menjadi salah satu sebab orang bercocok tanam secara hidroponik.

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tanah. Bukan hanya dengan air sebagai media pertumbuhan, seperti makna leksikal dari kata hidro yang berarti air, tetapi juga dapat menggunakan media-media tanam selain tanah, seperti kerikil, pasir, sabut kelapa, zat zilikat, pecahan batu karang atau batu bata, potongan kayu, dan busa.

Hidroponik semua dimungkinkn karena adanya hubungan yang baik antara tanaman dengan tempat pertumbuhannya. Elemen dasar yang dibutuhkan tanamana sebenarnya bukan tanah, tapi cadangan makanan dan air yang terkandung dalam tanah yang terserap akar dan juga dukungan tanah untuk pertumbuhan.

Ilustrasi Hidroponik. foto/istockphoto

Metode hidroponik memungkinkan orang yang mempunyai halaman sempit dapat menikmati buah hasil bercocok tanam sendiri. Selain keuntungan yang diperoleoh melimpah, hidroponik memungkinkan pembudidaya mengatur tanaman lebih teliti dan menjamin hasil yang baik dan seragam.

Budi daya tanaman secara hidroponik berkembang dengan pesat karena mempunyai banyak kelebihan, yaitu: Bisa menanam banyak tanaman di lokasi yang sempat, keberhasilan tanaman tumbuh dan berproduksi lebih terjamin, pemeliharaan tanaman lebih praktis, dan pemakaian air dan pupuk lebih efisien karena dapat dipakai ulang.

Kelebihan lainnya, tanaman yang mati mudah diganti dengan tanaman baru, tidak membutuhkan tenaga kasar karena metode kerja lebih hemat dan memiliki standarisasi, tanaman buah lebih capat besar dan masak, tanaman sayuran tumbuh lebih pesat dalam keadaaan bersih, dan hasil produksi lebih kontinu dan lebih tinggi dibanding bercocok tanam di tanah. Selain itu, harga jual produk hidroponik lebih tinggi dibandingkan produk non hidroponik, beberapa jenis tanaman dapat dibudidayakan di luar musim, tidak ada resiko banjir, erosi, kekeringan atau ketergantungan pada kondisi alam, penanaman hidroponik dapat dilakukan pada lahan atau ruang terbatas, misalnya di atap. (KN/Sumber Tanaman Hidroponik Oleh Ir Siswadi, MP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *